Tips Promo Ketika Promosi

strategi pemasaran tips bisnis usaha umkm

Apa bedanya antara penawaran dan promosi ?.

Cerita dulu ya. Waktu pertama kali jualan ayam geprek di tenda biru lapangan parkir Ubhara tahun 2017, sampe seminggu lebih ayamnya selalu nyisa banyak setiap harinya.
Masih inget wajah sedih istri klo pulang harus bawa ayam yg gak kejual. Bahkan pernah kejadian wadah berisi ayam jatoh dari mobil dan isinya tumpah semua 😅
Lalu saya teringat usaha kuliner temen di Malang. Waktu kesana cabangnya udah banyak. Namanya Ayam Nelongso. Paket ayam + nasi + lalapan + es teh manis cuma 9000 perak !. Gimana ngitungnya masih bingung.
Dia bikin seperti itu karena dulu waktu masih kuliah sangat nelongso (menderita). Sering keabisan uang saku bulanan dari orang tua. Jadi harus ngirit dan prihatin.
Dari pengalaman itu dia pengen balik bantu para mahasiswa ketika mau makan agar terjangkau isi dompet. Plus di Malang bahan baku memang murah.

Lalu saya coba juga bikin paket ayam geprek + nasi + bonus minuman. Dengan harga sama tapi dapet es teh manis.
Alhamdulillah sejak diterapkan laku banyak, sampe antri2 dan terpaksa bikin kartu antrian karena suka selip urutan ordernya. It was a process.
Akhirnya strategi paketan es teh manis tersebut ditiru oleh teman2 kantin lainnya. Syukurlah bisa ngasih inspirasi.
Dari buku ekonomi dan bisnis nya Brad Sugar, penawaran seperti itu istilahnya sensational offer. Penawaran yg sulit ditolak pelanggan.

tips promosi pemasaran marketing

Tapi itu ga jadi sensasi lagi klo semua nya meniru hal yg sama. Atau udah lumrah. Jadi dianggap biasa aja.
Karenanya harus ada nilai tambah lain, agar tampil beda lagi. Maka sekarang bikin lagi bonus 'boleh nambah es teh sepuasnya dan nasi sekenyangnya'. Ditambah, jika beruntung karena terbatas, pake gelas gentong gede.
Alhamdulillah sejak itu mahasiswa/i pada senang dan antusias. Ada yg nambah nasinya, ada yg ngisi ulang es teh nya. Seru juga.
Gak takut rugi ?. Insya Allah enggak. Bahkan beberapa kali ada mahasiswa datang 'pakdhe cuma punya uang segini'. Oh yaudah gapapa sini. Atau ada yg bilang hutang, sampe 3x balik gak bayar2, mungkin lupa 😂
Selain pengalaman temen itu, dan pengalaman pribadi juga waktu kuliah, yg uangnya terbatas. Juga karena saya juga punya anak yg mau masuk kuliah tahun depan. Siapa tau dia juga nanti dibantu orang lain ketika makan di kantin. Aamiin

Jadi promosi adalah mengkomunikasikan produk atau jasa kita kepada calon pembeli. Sedangkan penawaran adalah bentuk promo agar orang mau segera melakuka transaksi karena iming-iming entah diskon, gratis dsb.
Salam,

tips promosi strategi pemasaran



Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post