Scientific Advertising

Assalamu'alaikum wr. wb.

Agak menarik juga mengetahui istilah Scientific Advertising yang dipaparkan pak Roni yang menjadi salah satu komponen dalam Instan Cachflow.

Terus terang saya belum baca bukunya, namun hasil dari pencarian dan koneksi ke prinsip2 yang dijalankan oleh saudara saya Brad Sugars (jangan protes, kan saya Eko Manis ... grdotkom hehe), saya menemukan suatu benang merah alias suatu kesimpulan.

Bahwasanya secara gamblang Scientific Advertising itu adalah suatu bentuk promosi atau strategi marketing yang langsung menyasar ke konsumen dan mengharuskan adanya response langsung, istilah lainnya memang adalah direct response advertising atau direct response marketing.

Loh itu kan udah lama istilahnya. Direct marketing atawa direct selling itu kan yang kayak sales door to door. Betul, tapi bedanya direct marketing dengan direct response marketing adalah direct response markerting bisa dilakukan dari jarak jauh alias bisa menggunakan media broadcast, available on online bussiness dan gak perlu pake tenaga sales door to door itu.

Apa ya contohnya ... hm oh ya tau tentang infomercials ?. Itu loh yang sering banget muncul di stasiun TV Global ya atau dulunya ANTV. Yang isinya iklan produk dengan durasi 10-15 menit. Yang paling kita inget dibawakan atau diiklankan oleh komedian wanita Ulfa Dwiyanti. Biasanya produknya inovatif-menghindari sebutan aneh hehe-, sangat memberikan manfaat tidak hanya fitur dan harganya lumayan.

Nah disitu kan keliatan bagus banget tuh iklannya. "Dengan harga sekian juta untuk panci sebaguna anda akan mendapatkan tambahan bonus 1 set pisau dan buku cara memasak gulai kambing paling enak hanya dalam waktu 10 menit. Hanya untuk 50 orang pertama, silahkan hubungi kami di nomor xxxxx atau email yyyyy sekarang juga !!!".

Disitulah maksud dari direct response advertising. Iklan itu mengharapkan respon langsung, secepatnya, dari konsumen. Ada 'scarcity model', keterlangkaan, keterbatasan waktu. Klo konsumen gak segera telpon atau menghubungi mereka, maka konsumen akan merasa rugi.

Bukan berarti cara ini ada unsur tipu2 ya. Karena ini hanyalah salah satu strategi marketing. Jelas produknya harus handal dan istimewa sehingga orang akan benar2 merasa rugi jika tidak segera merespon.

Ini baru satu unsur dari Scientific Advertising. Hal lainnya yang menjadi landasan ajaraan saudara saya Brad Sugar adalah mengenai test and measure. Dalam setiap strategi diharuskan melakukan test and measure atau coba dan ukur. Seorang ahli kimia atau scientist akan melakukan riset yang cukup memakan waktu untuk menentukan bahwa campuran ini terbaik atau lebih baik. Mereka menggunakan sampel bahan. Jika sukses dan terlihat manfaatnya baru dicoba menggunakan jumlah yang lebih banyak. Lalu ukur kembali hasilnya

Dalam advertising yang scentific juga begitu. Umpamanya ketika kita mau sebar brosur, maka sebelum bikin 1000 eksemplar maka coba dulu sampel 200. Bikin survey kecil2-an, berdasarkan topografi wilayahnya, jenis taget market dll bahkan klo bisa bedakan dalam beberapa tipe isi tulisan. Jangan lupa direct response-nya. Datangi stand kami dan dapatkan cash back tiket masuk !. Tujuannya jelas agar tidak merugi ketika langsung melakukannya dalam skala besar namun hasilnya kurang memuaskan.

Sebarkan. Ukur. Bagus gak hasilnya. Berapa prosentase respon. Tipe isi tulisan alias headline pada brosur yang mana yang mendapat respon paling bagus. Di target pasar yang mana.

Jadi kesimpulannya, scientific advertising alias direct response advertising harus berisi :

- sebuah penawaran yang FUNtastic !
- informasi yang cukup ke konsumen untuk menentukan pilihan dan beraksi
- secara eksplisit menyatakan 'call to action', cepat hubungi kami
- sediakan semua media kontak seperti telepon klo bisa toll free, email, fax dll agar mudah dihubungi


Ini bukan promosi dari saya ya karena saya gak kenal yang punya malah belum pernah kesana hehe. Dan sebenarnya masih memiliki kekurangan karena belum ada kebutuhhan 'call to action immediately' ... hanya diskon 30% yang membuat orang tertarik mencoba, namun ada bagusnya ada batas waktu sehingga orang menjadi harus datang jika tidak terlambat.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Scientific Advetising, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan.

Wassalam.

Eko June-

anda tidak perlu hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

www.jilbab-anak.com
http://ekojune.blogspot.com

1 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post