Tipe Pembeli

Bismillah.

Salah satu materi menarik yg disampaikan pak Dindin tadi malam di pengajian rutin LaRiba Bekasi adalah tentang tipe sales/penjual.

Ada tipe Seeker, Profesional dan Consultant.

Tipe Seeker atau Pencari adalah tipe standar dari seorang penjual. Tipe yg fokusnya adalah bagaimana barang bisa terjual. Pokoknya orang harus beli. Apapun caranya.

Tipe yg selalu berusaha untuk bisa bertemu calon pembeli. Kadang suka maksa. Seseorang yg ngaku teman lama, gak pernah kontak, tiba2 minta ketemuan. Pas ketemuan, basa basi tanya kabar eh ujungnya nawarin produk/jasanya. Pernah ngalamin atau terasa familiar ? 😁

Termasuk promo di grup atau komunitas dengan hard selling, spam, ngebom dengan gambar2, gak peduli dengan member lain. Yg penting ngiklan. Cenderung narsis dengan dagangannya.

Sehingga hubungan dengan pembeli hanya berjangka pendek. Orang beli cuma sekali, itupun bisa jadi karena terpaksa, gak enak hati atau agar bisa buru2 berpisah 😁. Jadi gak mau deket2 dan ketemu lagi. Duh.

Tipe berikutnya adalah Profesional. Mereka disebut pencari, dan membina relasi. Tujuannya sama,  bagaimana agar orang membeli. Tapi jika tidakpun gapapa, yg penting masih terjalin hubungan untuk kepentingan berikutnya.

Sehingga calon pembeli gak merasa dipaksa. Jikapun belum butuh yg ditawarkan maka kontak tetap disimpan agar sewaktu-waktu butuh bisa dihubungi. Dan merekomendasikan jika ada orang lain yg butuh.

Tipe terakhir adalah Consultant. Sesuai namanya maka yg dicaritau adalah kebutuhan calon pembeli. Sehingga berupaya mencari dan memberikan solusi.

Jika gak memiliki produk atau jasa yg dibutuhkan, ia akan merekomendasikan penjual lain. Yg penting pembeli mendapatkan apa yg benar2 dibutuhkan. Dan mendapatkan solusi.

Pembeli akan menjadi setia, sebaliknya akan juga merekomendasikannya ke relasi yg lain. Pembeli sudah percaya. Hubungannya sudah seperti teman.

Tentu kita mendambakan menjadi tipe konsultan. Udah jarang ngiklan, eh tapi dicari-cari orang.

Pernah denger om Dindin ngiklan di grup LaRiba ? Kagak 😁. Tapi tau2 cuma info ngasih gambar lapangan golep berubah jadi teranh benderanh setelah digarap sama Dunia LED. *ini juga bentuk promosi tapi yg promosiin orang lain 😂

Gimana caranya biar bisa jadi tipe Consultant. Harus tanamkan jiwa suka berbagi. Kasih ilmu gratis. Lalu juga harus fokus dagangannya.  Sehingga orang akan anggap kita pakar. Klo udah dianggap pakar di suatu bidang makan otomatis bakal dicari untuk cari solusi.

Mau cari percetakan atau nyetak sesuatu ? Hubungi daemg Rum. Butuh MC handal yg syariah dengan sistem bagi hasil ? Segera kontak om Hadi.

Demikianlah resume pengajian LaRiba tadi malam dengan tema Simply Selling oleh pak Dindin. Terima kasih untuk sharingnya, semoga jadi penambah berat amal pahala dan berkah, aamiin.

Eko June
Warung PEDAZO
@warungpedazo
-Mutiara Gading Timur
-Graha Harapan
-Perumnas 3 (soon)
-Universitas Bhayangkara (Sept)

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post