TDA Bussiness Conference I

Kybenk: hari ini kita akan membahas topik

Kybenk : Bagaimana membangun bisnis dan mempertahankannya (studi kasus Manet
Busana Muslim)

Kybenk : pembicaranya mas ronny

Kybenk: aturannya

Kybenk : setiap orang boleh bertanya dan mengeluarkan pendapat setelah
dipersilahkan moderator agar tidak tumpang tindih

Kybenk : untuk yang ingin mengajukan pertanyaan silahkan menggunakan simbol
*

Kybenk: jika ada yang mengajukan pendapat gunakan simbol %

nagarimagek: Bisa dimulai?

Kybenk: mungkin kita buka conference ini, dan saya persilakan kepada pak
ronny untuk mengemukakan point-point pentingnya

nagarimagek: Assalamu'alaikum Wr. Wb teman2 TDA sekalian

nagarimagek: Apa kabar?

nagarimagek: Pastinya, hari ini adalah hari yang FUUUUNtastic!

nagarimagek: Tadi saya sudah sampaikan tulisan pengantar via milis. Sudah
pada baca kan?

nagarimagek: sekedar draft aja...

nagarimagek: bingung, nih... mulainya dari mana...

nagarimagek : lanjutin tulisan tadi aja ya?

nagarimagek: setuju?

bukhin : saoory, aku memantau dulu, sambil diinterview by phone BIsnis UANG

Dwi Wahyono: Ass wr.wb.... Pak Roni...mungkin bisa cerita..pergolakan batin
saat "diusir" dari TA?

nagarimagek: gimana moderator?

Kybenk: sebentar pak

Kybenk: kalau semuanya berbicara kemungkinan pesan akan tumpang tindih

Kybenk: jadi sesi pertanyaan belum dibuka

Kybenk : saya harap semua sudah membaca pengantar dari mas rony

Kybenk : jadi yang belum baca saya kasih kesempatan 2 menit. setelah itu
sesi pertanyaan akan dibuka

nagarimagek: saya coba jawab pertanyaan mas dwiwahyono

nagarimagek: sebenarnya perasaan saya seperti mendapat blessing in disguise,
di balik kesulitan pasti ada kemudahan...

nagarimagek: beberapa wkt sebelumnya saya baca buku who moved my cheese

nagarimagek: udah pada baca?

nagarimagek : ceritanya tentang 3 ekor tikus yang setiap hari makan keju

nagarimagek: lama kelamaan kejunya mulai tinggal sedikit dan basi

hera_erikson : moral ceritanya apa Pak.

nagarimagek: intinya kalau keju itu udah mulai basi dan berkurang, kita
harus pindah mencari sumber keju yang lain

nagarimagek: keju saya di tanah abang sudah mulai kerin dan basi

nagarimagek: keju yang nikmat sempat saya nikmati dari 2001-2002. awal 2003
mulai terasa basi

nagarimagek : saya ikut berbagai seminar, baca buku utk meningkatkan bisnis
saya

nagarimagek: nggak begitu menolong

nagarimagek: akhirnya saya hubungi pak tung

nagarimagek: mulai dicoach pak tung maret 2003

nagarimagek: tapi mindset saya masih tertutup,

nagarimagek: belum terbuka

nagarimagek: istilahnya saya sering ngeyel, membantah

nagarimagek: apa yang ditawarkannya, saya jawab: mana mungkin?

nagarimagek: beberapa bulan di coach belum dapat hasil

nagarimagek: akhirnya saya mikir, saya udah bayar mahal2 kok nggak mau
ngikutin ya

nagarimagek: akhirnya saya mulai open mind

nagarimagek: membuka kepala saya thd segala kemungkinan

nagarimagek : mulailah saya aktif browsing

nagarimagek: cari2 jawaban

nagarimagek : akhirnya ketemu gak sengaja, ebook berjudul instant cashflow

nagarimagek: isinya menarik sekali

nagarimagek: bikin saya gak bisa tidur memikirkannya

nagarimagek: idenya, kita di rumah aja, uang masuk sendiri ke rekening kita

nagarimagek: enak kan?

nagarimagek: tapi saya membayangkan, mungkinkah? bisnis saya kan busana
muslim, marketnya ibu2?

nagarimagek: akhirnya, september 2003 saya kontak pak iim, sahabat saya

nagarimagek: im, gue mau bikin website nih, tolong dibantu ya hostingnya

nagarimagek: akhirnya 1 hari jadi

nagarimagek: saya bikin web site sendirian, pake publisher

nagarimagek: saya hubungi paman di riau utk lihat2

nagarimagek: paman itu kmd memberitahukan teman2 kantornya

nagarimagek: mulai ada yg minat. mulai ada yg beli

nagarimagek: saya kmd iklan di iklan baris.co.id

nagarimagek: mulai masuk pelanggan baru dari berbagai daerah

nagarimagek : bahkan kadang2 omset toko bisa kalah dari online

nagarimagek: capek juga ya ngetik...

nagarimagek: bertepatan saat itu kios saya mau digusur

nagarimagek: saya sebenarnya sudah siap2

nagarimagek: bahkan berpikir seandainya kios ini kita kembalikan, dan uang
sewanya kita pakai utk modal bisnis online

nagarimagek: the power of thinking, terjadi lagi!

nagarimagek: kami diusir dari tn abang!

nagarimagek: jadi, sebenarnya bukan kisah sedih

nagarimagek: malah saya bersyukur sudah diusir

nagarimagek: uang sisa sewanya bisa dipakai utk tambah modal

nagarimagek: kami mulai lagi dari garasi rumah

nagarimagek: hikmahnya: 1. di balik kesulitan ada kemudahan

nagarimagek : 2. kalau anda didzholimi, dan anda ikhlas dan sabar, tandanya
sebentar lagi anda akan dapat rizki

nagarimagek: its true...

nagarimagek: jangan lupa: doa orang tua, doa dari karyawan, mitra anda

nagarimagek: sangat mendukung kesuksesan anda

nagarimagek: walau pun kami hengkang dari tn abang, hubungan dgn mitra tetap
baik

nagarimagek: nama baik adalah segalanya

nagarimagek: karyawan saya kebanyakan anak yatim...

nagarimagek: saya jadi agak spiritual nih...

nagarimagek: saya bicara yang sebenarnya

nagarimagek: benteng dari bisnis kita bukanlah semata kepintaran kita,
kelihaian kita berbisnis, bukan

nagarimagek: saya banyak terinspirasi dari aa gym

Kybenk (5/19/2006 2:36:33 PM): silakan pak bukhin

bukhin: Betul mas Roni, bisnis tidak hanya Uang

bukhin: Siap seorang Masbukhin, baru 4 tahun di jakarta

bukhin: Baru 2tahun membangun bisnis

bukhin: Kalau tidak Allah yang maha 'welas' yang menolong, tidak jadi bisnis
seperti skrg

bukhin: Perjumpaan dgn orang2 besar, juga komunitas ini gak lepas dari
suratanNya

bukhin: next

nagarimagek : tks

Kybenk: oke pak ronny lanjut,

nagarimagek: satu lagi moment yang membuka pikiran saya

nagarimagek: waktu bertemu pak herman dari action international

nagarimagek: saya ceritakan masalah saya

nagarimagek: kondiri makro yang kurang mendukung, dsb. dsb

nagarimagek: jawabnya: sebenarnya masalahnya bukan di situ, katanya

nagarimagek: sebenarnya masalah ada di anda sendiri

nagarimagek : anda kurang KNOWLEDGE

nagarimagek: kaget saya menerima vonis itu

nagarimagek: saya ini sarjana lho, sudah berhasil membuka 3 toko dalam 3
tahun

nagarimagek: gak terima saya dibilang kurang knowledge

nagarimagek: tapi, saya gak ada pilihan,

nagarimagek: dalam kondisi sakit, pil sepahit apa pun harus ditelan...

nagarimagek: saya terima vonis itu

nagarimagek: saya mulai belajar lagi

nagarimagek: investasi di pikiran

nagarimagek: saya pernah tulis di blog

nagarimagek: selama ini yang saya pikir investasi adalah: sewa toko, isi
toko dll

nagarimagek: yang bersifat fisik

nagarimagek: sekarang saya balik

nagarimagek: saya mulai investasi utk isi kepala saya

nagarimagek: saya mulai open mind

nagarimagek: dari situ mulai muncul titik terang,

nagarimagek: tepatnya september 2003

nagarimagek: pak iim sebagai saksinya

nagarimagek: ya nggak pak iim

nagarimagek: satu lagi

nagarimagek: saya memberanikan berpikir melawan arus

nagarimagek: tepatnya berpikir thd segala yang gak mungkin mungkin

nagarimagek: saya mulai mengajukan pertanyaan yang menantang

nagarimagek: contohnya: bagaimana caranya supaya uang mengejar kita?

Kybenk: silahkan pak bukhin

nagarimagek: bagaimana caranya supaya uang tetap masuk meskipun kita di
rumah aja

Kybenk: biar pak ronny istirahat sebentar ngetiknya

nagarimagek : silakan..

nagarimagek : bagaimana caranya pendapatan setahun diperoleh dalam sebulan?

bukhin: Saya melihat mas Roni ini sudah beberapa step di atas pemula

bukhin: Kalau di awal2 terlalu banyak teori saya yakin akan ragu2 untuk
memulai

bukhin: Jadi mas ROni kan sudah memulai, melewati pasang surut

nagarimagek (5/19/2006 2:46:40 PM): terus...

bukhin: Untuk membuat usaha menjadi besar, income lebih gede lagi,
diperlukan ilmu2 yg lebih kompleks

bukhin: Makanya, yang belum mulai, segera mulai

bukhin: Yang sudah mulai, harus naik kelas lagi agar prosesnya lancar dan
sukses

nagarimagek : ya, ada harga yang harus saya bayar

bukhin: Sambil terus belajar, termasuk kita berkomunitas ini kan

bukhin: ok, lanjuuuuut ...

hera_erikson: Pak Roni Dan Pak Bukhin,

Kybenk (5/19/2006 2:48:21 PM): ibu hera..

bukhin: *** Pertanyaannya 3 donk

nagarimagek : dari segi waktu, uang, hubungan keluarga, hubungan sosial

nagarimagek: silakan...

Kybenk: oke silahkan pak arief dulu

Kybenk: sabar ya bu hera

hera_erikson : mengubah mindset kita sendiri adalah hal yang sulit. apalagi
kendala keluarga. sudah berkeluarga tapi belum punya penghasilan tetap.

hera_erikson: maaf

Kybenk : kita prioritaskan yang beri pendapat karena mungkin ada masukan
yang berharga

nagarimagek: mohon diperjelas bu hera

Kybenk: silahkan pak arief

nagarimagek: sy jawab bu hera dulu kan?

arief ahmad: oke pertanyaannya adalah gimana biar bisa berjalan suatu usaha
lewat on line tp jenisnya jasa

hera_erikson: kan untuk memulai suatu usaha yang jelas berbeda dg yg
dijalankan sblnya pasti menimbang resiko yang mungkin saja gagal.

arief ahmad: jasa one stop weding

nagarimagek: bingung nih

Kybenk: sebentar

hera_erikson: apalagi pakai mentor yang nb "mahal"

Kybenk: pak kalau tanya itu menggunakan simbol *

nagarimagek: bu hera dulu ya

Kybenk: kalau pendapat pakai %

Kybenk: karena pak ahmad ternyata bertanaya

Kybenk: maka bu hera yang lebih dulu

arief ahmad: oh sori

Kybenk: silahkan bu hera

nagarimagek : Utk bu hera: anda harus berani menantang pikiran anda utk
mewujudkannya

nagarimagek: itu kan kendala, harus ditantang

nagarimagek: utk kendala keluarga, caranya dgn memberi contoh

nagarimagek: saya pun hampir kehabisan akal utk meyakinkan keluarga dgn cara
saya

hera_erikson: contohnya

nagarimagek: setelah melihat contoh akhirnya mereka ikut

nagarimagek: keluarga di sini maksud sy adalah ayah, ibu, saudara

nagarimagek: kalau dgn istri, alhamdulillah kami kompak dan saling dukung

hera_erikson: apa dengan ikut coaching banyak membantu

nagarimagek: tidak!

nagarimagek: sebelumnya yang penting adalah perubahan mindset anda

Kybenk: waduh..

Kybenk: ternyata coacing belum tentu membantu yach

nagarimagek: coach itu hanya orang yang membukakan "kunci" pikiran anda

nagarimagek : setelah kunci itu terbuka, anda bebas masuk ruangan

Kybenk: sebentar bu febby

nagarimagek: menari2, berlari, berjingkrakan, dll

Kybenk: biar pak ronny menyelesaikannya dulu

nagarimagek: pak tung tidak mengajari how to saja

nagarimagek: tapi dia berhasil membuka 'kunci' pikiran saya

nagarimagek: itu yang sulit

nagarimagek: beliau cukup sabar dlm membuka kunci pikiran saya

hera_erikson: tapi musti survey sana sini dan yakinin diri sdr dulu ya.
memang ngelawan diri sendiri yg plg sulit

nagarimagek: setelah itu saya belajar sendiri

Kybenk: sabar bu siska selanjutnya yang bertanya pak ahmad

nagarimagek: betul, satu kesimpulan PENTING: tantangan terbesar anda adalah
melawan diri sendiri

nagarimagek : bukan pesaing anda

nagarimagek: ingat cerita mengenai teman saya yang bangkrut krn serakah?

hera_erikson: ingat banget. remind me my self

nagarimagek: saya pun kurang lebih spt itu dulunya

hera_erikson: maksudnya supaya nggak kayak gitu

nagarimagek: agak2 serakah juga

nagarimagek : ini itu mau...

arief ahmad: sprt yg saya katakan td kebetulan saya bergerak di bidang jasa
ine stop wedding, saya punya website, gmn caranya untuk bisa on line dan
bgmn penyebarannya websitenya

nagarimagek: musti sering2 ikut pengajian aa gym...

Kybenk: bentar pak arief sabar yach

nagarimagek: pertanyaan pak arief kayaknya lebih cocok utk klinik bisnis deh

Kybenk: bu febby yang mau berpendapat

febby Rudiana: Yup...

nagarimagek : silakan...

febby Rudiana: Saya melihat kecenderungan orang takut memulai usaha baru

febby Rudiana: Apalagi kalau belum pernah masuk sebelumnya

nagarimagek: pertanyaan2 itu yang kita cari jawabnya di TDA ini

febby Rudiana: Bu Hera...kalau saya lebih cenderung pada kegagalan yg dapat
ditolerir

nagarimagek: 1. bgmn take action utk mulai usaha

nagarimagek : 2. bagaimana mengubah minset dari TDB jadi TDA

nagarimagek: 3. Bagaimana mendapatkan coach secara murah

nagarimagek: itu yang tengah diupayakan di TDA ini

febby Rudiana: Artinya kalau kita coba usaha yg masih baru buat kita, siap
aja kalau gagal

nagarimagek: ini berdasarkan pengalaman saya mendapatkan coach itu mahal

nagarimagek: Tapi semua itu gak ada arti apa2, kalau mindsetnya belum
berubah

nagarimagek: silakan

bukhin: Mindset. Saya selalu belajar dengan mentor yg lebih senior, termasuk
mas Roni

bukhin: Saya ikut Financial Revo pak Tung, sengaja potong gundul, karena
siap jadi cantrik, meskipun saya juga mentor bisnis

nagarimagek: saya lebih senang disebut provokator drpd mentor

bukhin: Saya siap berguru, manut ke pak Purdie, meskipun saya sudah punya
bisnis

bukhin: Itu semua, untuk memudahkan diri meresapi ilmu mereka

bukhin: di EU, sesuai otak kanan, berdebat mendapat nilai 2

Kybenk: sabar bu hera, masih giliran ibu kok

bukhin: Makanya, saya manut saja kalau mentornya cocok

hera_erikson: ok.

bukhin: Karena Mentor ini kadang kayak Madzhab, mana yg cocok

bukhin: Tapi kalau dengan semua mentor Anda gak cocok, berarti yg bermasalah
itu ANDA sensiri

bukhin: ok, lanjut dulu...

nagarimagek: apa lagi nih mas adly?

Kybenk: bu hera silahkan

hera_erikson: seiring dg perubahan mind set bu Febby. Kan ada yang mesti
kita tanggung hidupnya. mungkin ada selah atau aha yang bisa kita selami

febby Rudiana: Itulah...makanya saya lebih suka resiko atau kegagalan yg
sanggup saya tolerir

bukhin: bisa diperjelas?

nagarimagek: bu hera, mungkin perlu waktu utk klinik dgn saya

febby Rudiana: Kecuali kalau saya sudah siap untuk reach higher

febby Rudiana: Saya selalu buat plan A, B, C

febby Rudiana: dan selalu kasih ukuran brp kira2 saya sanggup rugi

hera_erikson: OK Pak Roni bisa saya lanjutlan dijadwal clinic saya. tx.

hera_erikson: Mbak Febby, masih minta respon ya.

nagarimagek: selanjutnya, mas adly?

Kybenk: ibu febby ada masukan dengan topik atau kita lanjutkan pembahasan
pak ronny

nagarimagek: kita sampai jam brp ya?

Kybenk: sampai jam 4 pak

Kybenk (5/19/2006 3:10:22 PM): kurang lebih 45 menit lagi

Kybenk (5/19/2006 3:10:30 PM): oke silahkan pak bukin

bukhin: Saya mau komen ttg TAKUT MEMULAI

bukhin : Seperti saya belajar di Tantowi Yahya Public PSeaking School

bukhin: Sesenior apapun pembicara, ngomong di depan umum juga masih ada dag
dig dug nya

nagarimagek : silakan lihat jadwal klinik saya dan dokter yg lain

bukhin: Juga sesenior apapun pebisnis, kalau mau buka usaha baru juga ada
dag dig dugnya

Kybenk: untuk bertanya yang diluar topik, atau yang lainnya yang tidak ada
hubungan dengan pembahasan bisa melalui moderator

bukhin : Tapi semakin lama jam terbangnya, dag dig dugnya makin berkurang

bukhin: Jadi ketakutan Anda itu sebenarnya wajar

bukhin: Untuk melawan ketakutan itu, Lakukan saja apa yg Anda takutkan

bukhin: lanjut mod..

nagarimagek : cara mengatasi ketakutan: take action!

Kybenk: selanjutnya pak ahmad, kalau pertanyaan yang tadi, disarankan pak
rony lewat clinic

Kybenk: masih ada pertanyaan pak arief ahmad?

nagarimagek: kebanyakan ketakutan kita itu tidak terbukti dan tidak terjadi

nagarimagek: sy umumkan di milis

arief ahmad: japri yah

nagarimagek: so, buat apa takut?

nagarimagek: berapa sih ruginya?

nagarimagek: lebih baik mana rugi uang atau rugi waktu?

nagarimagek: buat saya lebih baik rugi uang...

nagarimagek: kenapa orang naik pesawat? mahal kan?

nagarimagek: karena mereka mementingkan waktu

nagarimagek : jadi, waktu lbh penting daripada uang

nagarimagek: uang hilang bisa dicari, waktu hilang gak bisa kembali

Kybenk: giliran berikutnya ibu siska untuk bertanya setelah pak ronny
selesai

nagarimagek: semakin lama anda merasa takut, tidak berbuat, khawatir, waktu
akan menggerogoti anda...

nagarimagek: think about it, deeply....

nagarimagek: silakan...

Kybenk: oke silahkan ibu siska

Kybenk: silahkan ibu siska mengajukan pertanyaan

nagarimagek: mungkin bisa dipersilkan yg lain...

Kybenk : oke pak yudanto silahkan

yudanto Hendratmoko : kalo trauma setelah gagal gimana pak?

nagarimagek : beraaat sekali pak

nagarimagek: saya pernah, melibatkan keluarga

nagarimagek : sekarang solusinya aja ya pak

yudanto Hendratmoko: ya

nagarimagek: segera take action yang lain

yudanto Hendratmoko : dulu saya ada mentor juga

yudanto Hendratmoko: tetap gagal

nagarimagek: jadi pikiran kita gak sempat terfokus ke trauma tadi

yudanto Hendratmoko: bahkan mentor saya kabarnya juga ikut gagal bisnisnya
turun drastis

nagarimagek: contohnya, cerita ttg teman sy yg bangkrut itu

nagarimagek: sekarang dia udah sibuk lagi

nagarimagek: cuma sempat bengong seminggu katanya

nagarimagek: setelah itu, life goes on...

nagarimagek: wah ini kasus menarik

nagarimagek: hikmahnya: jangan menyandarkan nasib kita kpd org lain

nagarimagek : mentor itu harus yang sudah punya jejak sukses yang panjang

nagarimagek: makanya saya keberatan utk jadi mentor

nagarimagek: jejak saya masih pendek

yudanto Hendratmoko: mentor saya masuk politik pak hehehe....

Kybenk: oke pak yudanto, ada pertanyaan lagi?

nagarimagek: itu namanya melacurkan diri

yudanto Hendratmoko: ok, thanks pak

nagarimagek: silakan yg lain...

Kybenk: silahkan pak tanto

nagarimagek: itu namanya, anda bersandar ke tembok yang salah...

Kybenk: langsung aja pak tanto

blinxsatan: saya ada problem dalam hal manajemen untuk mempertahankan dan
memrluas bisnis pak

blinxsatan: beberapa kali sayahampir kehabisan modal

blinxsatan: belom sampe ke Shoe Me The Money

blinxsatan: Show Me The Money

nagarimagek: omset anda sudah mencapai 1 M/tahun? Sebaiknya kontak action
international nih

Kybenk: pertanyaan nya?

nagarimagek: masalah cashflow ya?

blinxsatan: wah belom pak

blinxsatan: iya cashflow

blinxsatan: belum bener

nagarimagek: bisnis yang utama adalah profit!

nagarimagek: profit itu harus benar2 ada di rekening anda

blinxsatan: itu yg belum saya dapatka

nagarimagek: jadi, dalam 3 bulan, bisnis itu harus dapatkan profit

nagarimagek: minimal 3 bulan

nagarimagek: kecuali yang proyek besar ya. uangnya kan kuat

blinxsatan: minimal 3 bulan ya pak

nagarimagek: utk kita yg kecil2 gini, harus minimal 3 bulan

nagarimagek: dari profit itu barulah bisa diputar utk pengembangan

Kybenk: minimal 3 bulan itu maksudnya kita harus buat cashflow minimal 3
bulan ndak dapat untung ya pak ronny?

nagarimagek: bukannya ditambah terus modalnya...

nagarimagek: ini ilmunya street smart pak. show me the money

nagarimagek: contohnya, bikin warung bakso, berapa lama sih bisa dapet
profit?

nagarimagek: apakah harus nunggu setahun?

nagarimagek: minimal 3 bulan itu sudah bisa membiayai sendiri operasionalnya

blinxsatan: wah berat juga yah

nagarimagek: owner harus tahan puasa dulu minimal 6 bulan

blinxsatan: strateginya gimana pak ??

nagarimagek: jangan diambil uangnya

nagarimagek: digulung terus...

nagarimagek: strategi apa?

bukhin: setuju

blinxsatan: jadi owner harus bisa menyisihkan uang buat modal selama 6 bulan
??

nagarimagek : maksud saya uang dari keuntungan itu jangan diambil minimal 6
bulan

blinxsatan: strategi untuk bisa terus naik omsetnya dan bisa capai 3 bulan
bisa profit

nagarimagek: tergantung bisnisnya

nagarimagek : saya bicara bisnis skala kecil ya.

nagarimagek: modal di bawah 50 juta

blinxsatan: iya pak

blinxsatan: ya memang saya aku kadang profit masih saya pakai untuk
kebutuhan pribadi

nagarimagek: jangan banyak uang mati di asset

blinxsatan: termasuk sewa kios ??

nagarimagek: semua uang sebisa mungkin dialokasikan utk yang menghasilkan
penjualan

nagarimagek: ya

nagarimagek: seminimal mungkin

blinxsatan : kondisi kios saya sekarang lagi meurun omzetnya

nagarimagek: kl bisa cari yg gratis, atau sewa setahun dibayar 2-3 kali

blinxsatan : udah banayk pesaing

nagarimagek: baca tulisan saya di blog berjudul "hati2 jebakan biaya tetap"

blinxsatan: saya sudah pernah baca

blinxsatan: sekarang saya memang ada 2 bidang bisnis yg lagi jalan

nagarimagek: pokoknya cari bagaimana pun caranya supaya uang yang kita
keluarkan sekarang langsung kembali bulan berikutnya

blinxsatan : dengan modal yg mepet

nagarimagek: dengan modal mepet anda justru bisa lebih kreatif

nagarimagek: saya pun pernah mengalaminya

blinxsatan : insya allah pak roni

nagarimagek: success is a lousy teacher...

nagarimagek: cukup pak?

Kybenk: oke pak tanto untuk lebih detailnya bapak bisa ke clinicnya pak rony

blinxsatan : mungkin untuk lebih detilnya

blinxsatan: saya ikut dalam klinik pak roni

blinxsatan: udah masuk dalam daftar sih

Kybenk: selanjutnya ibu siska silahkan

nagarimagek : jangan lupa, lakukan test and measure!

Siska Handayani: tadi dibilang yang paling penting adalah mengubah mindset

Siska Handayani: bagaimana kita tahu mindset kita masih tertutup atau sudah
terbuka ?

Siska Handayani: apakah semua TDB pasti masih tertutup mindsetnya ?

Siska Handayani: mohon penjelasannya

nagarimagek: gampang, lihat aja actionnya

Siska Handayani: seperti apakah mindset yang sudah terbuka itu ?

nagarimagek: kalau actionnya udah berubah, berarti mindsetnya udah berubah

Siska Handayani: berati meskipun sudah action belum tentu sudah terbuka ya

nagarimagek: jangan harapkan sesuatu yang berbeda dengan melakukan cara yang
sama

nagarimagek: itu topiknya beda lagi. namanya action strategy

Siska Handayani: apakah ini maksudnya cara pandang kita terhadap suatu
masalah ?

nagarimagek: copet juga action

nagarimagek: baca buku anthony robbins deh

Siska Handayani: minta 1 contoh yang simple

nagarimagek: unlimited power

nagarimagek: contoh strategy action?

Siska Handayani: dari yang belum terbuka .. trus action yang sudah terbuka
mindsetnya

Kybenk: udah ada yang bahasa indonesianya dengan judul kekuatan tanpa batas,
antony robbins

nagarimagek: udah

Siska Handayani: 1 contoh ..bentuk action ini adalah dari orang yang masih
tertutup

Siska Handayani : dah kalo action ini adalah dari orang yang sudah terbuka

Siska Handayani: biar saya bisa membedakan

Siska Handayani : maaf saya belum baca bukunya

nagarimagek : di buku itu semua ada jawabannya, step by step

Kybenk: oke mungkin ini prnya ibu siska

nagarimagek : mulai dari bgmn mengubah ketakutan menjadi action, strategy
action, dll

Kybenk: ada pertanyaan lagi ibu siska?

nagarimagek: atau ikuti seminarnya pak tung

Siska Handayani: cukup dulu, nanti kalo dah baca mungkin baru nanya lagi

Kybenk: saya buka lagi yang mau bertanya

nagarimagek: sama2

Kybenk: ada?

Kybenk: kalau ndak ada saya yang tanya

Kybenk: pak rony saya mau tahu, resep apa aja sih yang dikasih ama pak tung
desem waringin?

nagarimagek: semuanya ada di buku financial revolution

nagarimagek: rugi juga sy bayar mahal2

Kybenk: yang pak ronny ngeyel ndak mau nerapin yang bagian mananya?

nagarimagek : ternyata semua ada di bukunya

Kybenk: sepertinya bukunya juga bagus dan make sense, tapi kok ditolak ama
pak rony

nagarimagek : dulu kan saya nggak spt sekarang pak

nagarimagek: dulu masih tertutup pikirannya

nagarimagek: banyak ketakutan juga

nagarimagek: sekarang, alhamdulillah, jalan itu sepertinya terang

Kybenk: maksud pertanyaannya boleh tahu ndak tertutupnya seperti apa,
mungkin bisa sekalian membantu bu siska

nagarimagek: contohnya ya?

Kybenk: iya

Siska Handayani : iya

nagarimagek: dulu saya disuruh pak tung naikin harga produk

nagarimagek: mana mungkin, kata saya

nagarimagek: di tn abang semua orang berlomba2 menurunkan harga

nagarimagek: masak saya malah naikin harga

nagarimagek : nggak masuk akal kan?

Kybenk: iya, trus hikmah apa dibalik menaikkan harga?

nagarimagek: saya disuruh pasang bandrol di toko, pasang spanduk dll

nagarimagek: ternyata berhasil, hehehe....

nagarimagek: sekarang profit saya makin tinggi....

Kybenk: masang bandrol itu maksudnya tulisan harga di pakaiannya kayak
supermarket ya?

nagarimagek: terjawab?

nagarimagek: ya

nagarimagek: kasih bonus, kasih servis gratis dll

anaqinabil01: maksudnya spanduk buat promosi ?

nagarimagek: ya

nagarimagek: di tn abang kan gak ada yg spt itu...

Kybenk: kalau pak ronny analisis, kok melakukan berbeda seperti ini kok
malah naik, padahal mungkin kan toko sebelah bisa lebih murah?

nagarimagek: kasih bonus, kasih hadiah, macem2 lah sarannya...

nagarimagek : benar juga kan: jangan mengharapkan hasil yg berbeda dgn usaha
yg sama

nagarimagek: lakukan yg berbeda, hasilnya pun akan beda

nagarimagek: jangan lupa test and measure

nagarimagek: gak semuanya berhasil

Kybenk: oke berarti kuncinya di test ang measure

Kybenk : baik temans semuanya, ada pertanyaan lagi?

nagarimagek: 80% usaha kita itu sia2, yg 20%nya menghasilkan

nagarimagek: jadi, lakukan 100% utk dapat yg 20% itu

nagarimagek: test and measure terus...

nagarimagek: silakan...

Kybenk: silahkan pak purwadi

Siska Handayani: thanks .. saya sudah mulai memahami

anaqinabil01: bagaimana seorang karyawan ingin berubah menjadi pengusaha

nagarimagek: ini masalah mind set lagi pak

anaqinabil01: mana yang baik

anaqinabil01: dengan cara revolusioner atau evolusioner ?

anaqinabil01: dengan modal yang pas2an

nagarimagek: tergantung orangnya

Kybenk: mungkin bisa diperjelas maksud revolusioner atau evolusioner

nagarimagek: kalau sdh berkeluarga, sebaiknya evolusioner

anaqinabil01: revolusioner maksudnya langsung pindah kuadran

nagarimagek: istilahnya pak tung: bakar kapal

anaqinabil01: tapi kalo evolusioner bertahap pak pindahnya

nagarimagek: evolusioner aja pak

anaqinabil01: mungkin spt Pak Bukhin kali ya

nagarimagek : bikin usaha sampingan dulu

nagarimagek: ya

nagarimagek: kalau income sudah sama dgn gaji, baru resign

nagarimagek: pak bukhin incomenya mungkin udah lebih dari gaji

anaqinabil01: tapi apakah hasilnya juga setengah2 pak

nagarimagek: itu dia, pasti

nagarimagek: tapi itu kan strategi jangka pendek pak, tidak selamanya

Kybenk: sabar pak yuswa, nanti setelah pak rony selesai, saya silahkan pak
yuswa mengeluarkan pendapatnya

nagarimagek: target misalnya 1 th saja

nagarimagek: cukup pak purwadi?

anaqinabil01: Ok pak understand

Kybenk: oke pak yuswa silahkan

Kybenk : silahkan pak yuswa mengajukan pendapatnya

yuswacom : silahkan yg lain..sdh dijwb pak rony

Kybenk: oke pak hasan silahkan

jakeu2002: Saya lihat model Pak Budi Bisa ditiru kalau mulai dari E

jakeu2002: Urutannya jadi I kemudian B

Kybenk: iyach saya setuju, munkin nanti kita bisa minta pak budi sebagai
nara sumbernya

jakeu2002: Jadi secara mood dan mental terjaga dgn smooth proses
perpindahannya...

nagarimagek: Pak budi sudah bersedia, tinggal diatur jadwalnya

nagarimagek: topik pindah kuadran ini menarik juga utk dibuat conference

bukhin :

nagarimagek: time is up pak adly...

jakeu2002: Saya pelajari, Pak Bdui sudah punya peta tujuannya kemana.....

bukhin: Outlet saya di luar = 6

bukhin: di tambah di Sunter=1 jadi Total : 7

bukhin: Penghasilan di luar saya = 5 x di kantor

Kybenk: oke pak bukhin, sepertinya kita musti disiplin, silahkan
mengutarakan pendapatnya 2 menit sebelum ditutup

nagarimagek: Closing dari saya:

nagarimagek: Terima kasih teman2 atas partisipasinya. Semoga bermanfaat.
Mohon maaf ya kalau ada salah kata dan kurang berkenan

Kybenk: oke temans semua. karena waktu yang membatasi kita kita cukupkan
sampai disini. nanti selanjutnya kita bisa membahas topik-topik lainya yang
menarik. mudah-mudahan konference bisa dilakukan seminggu sekali

Kybenk : hasil dari conference ini akan diedit dan saya pos ke milis tda

nagarimagek: Mohon dievaluasi kegiatan ini. Pak Adly, terima kasih atas
bantuannya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post