Lapak Template



Assalamu'alaikum wr. wb.

Yup, gak hanya blogspot dan wordpress yang punya templte. Lapak dan teman2nya spt bazaar, expo, pameran dll juga ternyata ada templatenya. Apalagi ngelapak yg sifatnya sering dadakan, kadang dituntut harus fleksibel, tiba2 mendapati kondisi diluar dugaan dll.

Tulisan ini sebenarnya terinpirasi dari celetukan pak Hantiar ketika kami pertama kali merintis ngelapak di TMII. Beliau cerita, suatu hari, bahkan menjelang sore atau malam gitu mendapat telp dari BNI yang mengharapkan beliau bisa menggantikan posisi salah satu peserta pameran di JCC untuk ajang pameran produk2 UKM yang menjadi mitra BUMN.

Bayangkan, untuk pameran sebesar itu diberitahunya sehari sebelumnya. Klo saya mungkin sudah sutrisno :). Tapi beliau dengan santai (gak tau juga klo hatinya waktu itu tetep makjegagik panik hehe) berkata : untung saya sudah ada templatenya.

Maksudnya beliau sudah memiliki sebuah format bagaimana menghadapi sebuah event seperti itu. Sudah siap barang apa yang harus disiapkan, peralatan tempur pendukung apa yang harus disediakan, bahkan sampai bentuk dan desain yang harus ditampilkan.

Saya liat, yang sudah terbiasa ngepalak pun sudah memiliki tempate-nya masing2. Coba liat dijalan klo minggu pagi, kita sering melihat motor dengan karung besar, sampai2 bagaimana meletakkan barang di motor sudah sedemikian canggihnya, maksudnya sangat efektif dan efisien, luar biasa.

Akhirnya sayapun meniru model tersebut. Tapi kali ini untuk kelas yang lebih kecil yaitu ngepalak hehe. Saya siapkan peralatan tempur pendukung seperti kertas tulisan keterangan harga dan produk, kalkulator, gunting, lakban, solasi, pulpen, spidol, bahkan tali rapia dll. Semua untuk melengkapi peralatan tempur utama seperti gantungan baju, meja kecil, kursi bakso, bak, tiker, terpal, payung, hanger, patung, kantong plastik dll.

Semua peralatan itu sudah disatukan dalam satu wadah yang terpisah dari peralatan baik untuk rumah maupun toko. Jadi sewaktu-waktu bisa langsung diangkut tanpa takut ada yang kelupaan karena terburu-buru, apalagi biasanya ngelapak itu harus berangkat pagi2 sekali bahhkan bisa2 sholat subuh di lokasi kayak di TMII, walau sudah disiapkan malam hari, klo tidak benar2 siap maka paginya bisa gedebak-gedebuk ada aja yang kelupaan, pengalaman pribadi soalnya hehe.

Jadi sekarang alhamdulillah sudah ada template lapak nih. Ada lokasi lapak dimana ? Oh pulomas. Mau jual apa ya ? fashion dengan barang2 yg ada di toko plus jilbab balita atau kuliner cireng bandung isi. Bawa yang fashion dulu aja deh. Karena lokasi baru, mau survey dulu, tapi gak hanya survey tapi sekalian penjajagan jualan disana. Hm benar ternyata range harga yang pantas adalah Rp. 20.000 - 30.000 walau gak nutup kemungkinan lain dan jenis barang yang sering dilirik, tanya dan beli yang ini dan itu. Oke, done.

So, sudahkah memiliki lapak template ? :).

Wassalam.

-Eko June-

085716006676
facebook/twitter : ekojune
ym : eko_juna

http://ekojune.blogspot.com
www.agencireng.com
www.jilbab-anak.com

anda tidak harus hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post