Assalamu'alaykum wr. wb.
Hari ini tepat satu bulan berjalan sejak pembukaan toko Mom's Choice yg menempati lokasinya yg baru. Deg-deg-an, was-was dan penasaran akan hasilnya.
Apakah lebih baik dari lokasi yg lama ? Apakah lokasi ini memang benar2 lebih strategis ? Apakah sudah tepat segmentasi pasarnya ? Apakah sudah pas penataan tokonya ? Apakah sudah bisa memenuhi kebutuhan konsumen ?
Omset ternyata naik sebesar kurleb 80%.
Leads naik sebesar 50%.
Convertion dan Transaksi juga mengalami peningkatan.
Satu bulan pertama ini sy sengaja tidak melakukan promosi. Promosi hanya dari orang yg lewat dan referral (dari mulut ke mulut). Sy ingin tau apakah masih cukup bagus. Setelah ini akan dicoba strategi promosi konvensional lain seperti penyebaran brosur, pemasangan spanduk di tempat2 strategis, kerjasama dengan bidang usaha lain yg berdekatan dll.
Satu bulan kedepan akan dilihat lagi hasilnya.
Perbedaan dan perubahan yg sy lakukan kali ini dibanding dgn lokasi yg lama adalah :
1. Pemasangan gantungan dinding
Berbeda dgn toko lama yg didominasi gantungan rantai, maka di toko sekarang di salah satu sisi didomonasi gantungan yang menempel di dinding. Hal ini memberi kesan lebih modern, mempercantik display dan mempermudah konsumen dalam memilah dan memilih produk.
2. Pembenahan pembukuan
Dengan membeli software POS, maka diharapkan pencatatan penjualan menjadi lebih rapi dan akurat. Juga agar bisa dijadikan bahan analisa baik utk promosi, penyediaan barang dll. Hasil sementara data2 menjadi lebih lengkap.
3. Penambahan penjaga toko
Ada penambahan penjaga yg sifatnya insidentil. Jadi 1 orang menjaga toko dengan bayaran per bulan dan 1 orang tambahan utk harian seperti Sabtu-Minggu yg biasanya lebih ramai atau jika saatnya melakukan pembelian ke supplier.
4. Penambahan item toko
Ada penambahan item toko yg sebelumnya tidak ada yaitu vcd film original khusus anak2. Kemudian ada baju2 utk remaja putri, memperbanyak jilbab, pernik2 aksesoris. Hasilnya sudah terlihat dgn adanya penjualan di item2 tsb.
5. Penambahan 1 etalase
Karena perlengkapan bayi yg makin banyak dan adanya penambahan item VCD original maka diputuskan menambah 1 etalase utk mengakomodir spacenya.
Alhamdulillah semua masih sesuai dengan rencana dan Insya Allah berkembang menjadi lebih baik lagi. Amin.
Wassalam.
-ekojune-
Hari ini tepat satu bulan berjalan sejak pembukaan toko Mom's Choice yg menempati lokasinya yg baru. Deg-deg-an, was-was dan penasaran akan hasilnya.
Apakah lebih baik dari lokasi yg lama ? Apakah lokasi ini memang benar2 lebih strategis ? Apakah sudah tepat segmentasi pasarnya ? Apakah sudah pas penataan tokonya ? Apakah sudah bisa memenuhi kebutuhan konsumen ?
Omset ternyata naik sebesar kurleb 80%.
Leads naik sebesar 50%.
Convertion dan Transaksi juga mengalami peningkatan.
Satu bulan pertama ini sy sengaja tidak melakukan promosi. Promosi hanya dari orang yg lewat dan referral (dari mulut ke mulut). Sy ingin tau apakah masih cukup bagus. Setelah ini akan dicoba strategi promosi konvensional lain seperti penyebaran brosur, pemasangan spanduk di tempat2 strategis, kerjasama dengan bidang usaha lain yg berdekatan dll.
Satu bulan kedepan akan dilihat lagi hasilnya.
Perbedaan dan perubahan yg sy lakukan kali ini dibanding dgn lokasi yg lama adalah :
1. Pemasangan gantungan dinding
Berbeda dgn toko lama yg didominasi gantungan rantai, maka di toko sekarang di salah satu sisi didomonasi gantungan yang menempel di dinding. Hal ini memberi kesan lebih modern, mempercantik display dan mempermudah konsumen dalam memilah dan memilih produk.
2. Pembenahan pembukuan
Dengan membeli software POS, maka diharapkan pencatatan penjualan menjadi lebih rapi dan akurat. Juga agar bisa dijadikan bahan analisa baik utk promosi, penyediaan barang dll. Hasil sementara data2 menjadi lebih lengkap.
3. Penambahan penjaga toko
Ada penambahan penjaga yg sifatnya insidentil. Jadi 1 orang menjaga toko dengan bayaran per bulan dan 1 orang tambahan utk harian seperti Sabtu-Minggu yg biasanya lebih ramai atau jika saatnya melakukan pembelian ke supplier.
4. Penambahan item toko
Ada penambahan item toko yg sebelumnya tidak ada yaitu vcd film original khusus anak2. Kemudian ada baju2 utk remaja putri, memperbanyak jilbab, pernik2 aksesoris. Hasilnya sudah terlihat dgn adanya penjualan di item2 tsb.
5. Penambahan 1 etalase
Karena perlengkapan bayi yg makin banyak dan adanya penambahan item VCD original maka diputuskan menambah 1 etalase utk mengakomodir spacenya.
Alhamdulillah semua masih sesuai dengan rencana dan Insya Allah berkembang menjadi lebih baik lagi. Amin.
Wassalam.
-ekojune-