Anda Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai

Assalamu'alaikum wr. wb.

Anda Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai, Tetapi Anda Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat

Ya, tagline dalam blog dan footnote saya itu memang sederhana tapi ternyata dalem banget artinya. Terima kasih bagi yang telah memberikan apresiasi terhadap kata2 tersebut selama ini. Sejatinya itu bukan kata motivasi baru, bersandingan dengannya adalah hampir mirip pengertiannya seperti : Take Action Miracle Happened, No Action Nothing Happened dll.

Namun yang ingin saya sharing adalah : Anda memang tidak perlu menunggu menjadi hebat dulu baru mulai, justru anda harus mulai dulu baru nanti jadi hebat. Orang2 sukses dan hebat sekarang adalah orang2 yang memulai. Tanpa menunggu agak2 hebat, sedikit hebat, cenderung hebat atau nyerempet hebat :). Tanpa menunggu kondisi ideal digenggaman, baru action. No.

Kenapa saya bilang dalem artinya ?

Karena jika kita memahami dan agak diubah sedikit redaksinya maka akan sesuai dengan kondisi yang kita inginkan dan akan kita lakukan.

Anda Tidak Perlu Seberani Helmy Yahya Untuk Mulai Bicara, Tetapi Anda Harus Mulai Bicara Di Depan Umum Agar Bisa Seberani Helmy Yahya.

Anda Tidak Perlu Sejago Pak Roni Yuzirman Untuk Berbisnis, Tetapi Anda Harus Mulai Berbisnis Agar Bisa Sejago Pak Roni.

Anda Tidak Perlu Sepintar Helvy Tiana Rosa Untuk Mulai Menulis, Tetapi Anda Harus Mulai Menulis Agar Bisa Sepintar Helvy Tiana Rosa.

Anda Tidak Perlu Sefasih Juara MTQ Untuk Mulai Membaca Al-Qur'an, Tetapi Anda Harus Mulai Membaca Al-Qur'an Agar Bisa Sefasih Juara MTQ.

Dan masih banyak lagi.

Dan itu berinti dan berawal pada satu kata : mulai.
Kemudian akan berproses menjadi : bisa karena biasa.
Sampai kemudian berakhir dengan : hebat.

Kenapa seorang pilot pesawat tempur bisa mengendalikan pesawat yang kecepatannya luar biasa itu ya ? Kenapa penerjun payung bisa dengan berani melompat dari ketinggian itu ya ? Kenapa pak Roni bisa sehebat itu ya ?

Karena P T D.

1. Paham

Miliki ilmunya. Pak Roni bisa hebat karena membaca buku, ikut seminar, sharing dengan yang sudah lebih hebat, bersilahturahmi dll. Kita bisa belajar di milis untuk membuka toko kepada yang sudah duluan dan sukses. Bagaimana mencari barang, bagaimana menentukan harga, bagaimana mencari lokasi dll. Disini sedikit hitung2-an dibuat, sedikit loh, klo kebanyakan makin pusing. Belajar - belajar - belajar lalu ...

2. Terlatih

Disinilah kata 'mulai' mengambil makna. Bagaimana mau punya bisnis online klo gak mulai register domain misalnya. Kemudian dilanjutkan dengan mencari barang atau kontak temen yg bisa diajak kerjasama. Ketemu masalah jadi sebuah pembelajaran berharga. Oh gitu toh. Latihan lagi. Evaluasi lagi.

Namanya latihan pasti butuh waktu, konsistensi dan berat.
Proses menjadi orang hebat seperti buah kelapa.
Dipetik dari ketinggian dan dijatuhkan. Gedebuk !.
Kemudian dikupas kulitnya. Kret kret !.
Lalu setelah jadi batok dibelah. Prak !.
Trus di disayat isinya. Sret !.
Setelah itu di parut. Sreset sreset !.
Baru kemudian di peras. Hegh !.

Akhirnya munculah santan putih bersih yang siap digunakan :).

3. Dzikrullah

Setelah dan selama melakukan itu semua, tetap kembalikan kepada Allah SWT. Pasrahkan diri, ikhlaskan hati, do'akan ikhtiar. Hanya kepada-Nya lah kita kembalikan segala urusan.

Alhamdulillah jika kita semua SUDAH MEMULAI :).
Ayoooo belajar dan ayoooo memulai ...

Wassalam.

-Eko June-

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post