TDA Bussiness Conference 2

nagarimagek: oke, aturan mainnya: tanda % = berpendapat, tanda ?= bertanya

nagarimagek: silakan dimulai pak budi....

budi_rachmat: oke

budi_rachmat: saya mulai ya...

budi_rachmat: mudah2an udah baca 4 tulisan saya + pengantarnya...

budi_rachmat: saya pikir saya komit ngikuti cara Kiyosaki karena saya ngak
ngerti biz....

budi_rachmat: jadi diikutin aja...

budi_rachmat: fokus dari Kiyosaki adalah INCOME.... jadi fokus saya di
income

budi_rachmat: dasar yang utama adalah "Melek Finansial"....

budi_rachmat: karena dari saya semua kemajuan....kemunduran bisa diliat...

budi_rachmat: yang namanya KAYA adalah punya income yang besar....

budi_rachmat: bukan punya uang/harta banyak....

budi_rachmat: income adalah yang sustainable....

budi_rachmat: kira2 gitu.... ada yang nanya... komen....???

nagarimagek: terus aja pak budi

nagarimagek: kok begini sih? gak stabil

nagarimagek: bisa dibantu pak eddy,

budi_rachmat: sesudah mengerti "Melek Finansial".... kita perlu tujuan yang
jelas....

budi_rachmat: tujuan yang jelas.... menurut Kiyosaki adalah F/F = 3PI >
Expenses

budi_rachmat: saya tau berapa expenses saya... jadi saya tau berapa sich
tujuan saya...

budi_rachmat: tinggal saya masukan waktunya....

budi_rachmat: karena memiliki tujuan yang jelas.... jadi walaupun income
saya sudah lebih besar daripada ketika masih kerja.... saya tetap mengarah
ke tujuan saya....

febbyrudiana: ?

budi_rachmat: prinsipnya Incomenya sudah cukup besar.... baru saya berani
invest di yang LIABILITY...

nagarimagek: silakan bu febby...

budi_rachmat: misalnya ditoko di MTA dan ITC M2.

febbyrudiana: Pak Budi, rumus F/F=3PI>Expenses dari buku Kiyosaki yg mana
Pak?

budi_rachmat: Saya lupa buku yang mana.... nanti saya cariin bu....

febbyrudiana: Soalnya kalo di game kan yg penting cuma bisa lebih besar dari
pengeluaran dah cukup

nagarimagek: boleh tanya gak pak budi?

budi_rachmat: silahkan

febbyrudiana: F/F>Expenses dah bisa masuk fast track

nagarimagek: mohon tidak bertanya dulu

nagarimagek: biar pak budi selesaikan dulu ya...

budi_rachmat: intro saya sudah selesai pak roni.... silahkan tanya...

jas_seen2003: ?

nagarimagek: bu febby sudah selesai?

jas_seen2003: sy mau tanya ?

febbyrudiana: Belum Pak

nagarimagek: mohon tidak bertanya sebelum saya persilakan

budi_rachmat: menurut saya fast track.... klo sudah masuk Paper Asset....

nagarimagek: silakan lanjut bu febby

febbyrudiana: Iya, knapa harus F/F=3PI>Expenses?

budi_rachmat: memahaman saya... kita sekarang hidup dengan 1:1...

budi_rachmat: ketika kita punya 3:1.... maka

budi_rachmat: yang 1/3 buat hidup.... yang 2/3 diinvestasikan kembali...

a_mike_t: ?

budi_rachmat: next...

jas_seen2003: saya ?

febbyrudiana: Knapa bukan 50:50?

nagarimagek: msh bu febby, next pak dwi

warungbarokah:

febbyrudiana: 1/2 buat hidup, 1/2 buat investasi?

budi_rachmat: 50:50 maksud ibu income 50.... expenses 50.... sama dengan 1:1
dong....

budi_rachmat: ooo....

febbyrudiana: BUkan Pak

febbyrudiana: Maksud saya, separuh income untuk pengeluaran & separuh utk
investasi

budi_rachmat: klo 1/2 buat hidup, 1/2 buat investasi...

budi_rachmat: tapi orang pas2an...

budi_rachmat: bukannya orang kaya....

budi_rachmat: oooo... begini

budi_rachmat: saya udah tau expenses saya....

budi_rachmat: jadi agar saya merasa kaya maka...

budi_rachmat: saya harus punya income 3x > dari expenses itu...

febbyrudiana: Jadi, itu tidak ditentukan oleh Kiyosaki Pak?

budi_rachmat: rumus itu dari Kiyosaki...

budi_rachmat: tapi expenses kita... setiap orang khan berbeda...

nagarimagek: oke, cukup bu febby...

budi_rachmat: next...

nagarimagek: pak dwi silakan...

dwiwahyono_mail: Thanks pak roni....pak budi..pertanyaannya awam nih..saya
masih 100% TDA....dan belum pernah baca bukunya Kiyosaki ataupun Busniness
Master lainnya: kalo membaca pengantar bapak..selama 6 bulan pakai tabungan
utk bertahan hidup saat memulai bisnis..artinya 6 X expense tiap bulan...
bgmn solusinya kalo kita nggak punya tabungan pak...semntara ada expenses

budi_rachmat: nabung pak...

dwiwahyono_mail: sorry 100% TDB.. yang mesti dibiayai... bagaimana pak...

budi_rachmat: dari 100% yang TDB.... disisihkan untuk nabung....

dwiwahyono_mail: utk nabung...ehm..kayaknya pas sekali utk bulanan pak...

warungbarokah: nabung sama puasa senen kemis pak

budi_rachmat: bapak udah pernah buat cat. Keuangan....

budi_rachmat: yang "Melek Finansial"....

dwiwahyono_mail: sdh pak.... dibantu isteri....

nagarimagek: % saran, pak dwi baca dulu buku2 kiyosaki...

budi_rachmat: Assetnya apa aja.... Liabilitinya apa aja...

dwiwahyono_mail: asste..: rumah yang ditinggali...liabilty...: biaya bulanan
dll..

dwiwahyono_mail: rumahpun masih liabilty ya pak?

dwiwahyono_mail: krn masih mengeluarkan biaya....

budi_rachmat: rumah yang ditinggali bukan asset....itu adalah liability...
karena dengan rumah itu anda keluar uang....

dwiwahyono_mail: yup....

budi_rachmat: rumah itu bisa menjadi asset.... di "sekolahin"....
di"kost2"in... disewakan...

dwiwahyono_mail: Insya Allah..tgl 1 Jun nanti saya ikutan buka di M2S....
apa berarti langkah saya terlalu berani? krn itu masih libilty juga?

budi_rachmat: next...

nagarimagek: pak jas_seen silakan...

jas_seen2003: terimakasih.

budi_rachmat: bergantung.... bergantung pada tujuan bapak....

nagarimagek: sudah cukup pak dwi?

dwiwahyono_mail: cukup pak Roni..thanks...

jas_seen2003: pak budi,...spt yg saya email...adakah syarat dan kondisi
sebelum pak budi memutuskan full join berbisnis ?

nagarimagek: pak dwi bisa perdalam di klinik aja...

dwiwahyono_mail: thanks again pak...

budi_rachmat: syaratnya TAU APA MAUnya....

budi_rachmat: Tau apa maunya = visi/target/tujuan dsb.dsb.dsb.

jas_seen2003: terus terang...kondisi sy almost zero asset...bisnis masih
kayak siput...sementara masih 100% TDB...pengen pindah kwadran gak bisa2.

budi_rachmat: udah buat cat KEU...

jas_seen2003: sejak lama sy rintis usaha...coba sisihkan uang, putar...tapi
kok spt gak ngumpul2 ya ?

jas_seen2003: lap. keuangan juga sdh...

budi_rachmat: Lap Keu yang di Melek Finansial....????

budi_rachmat: assetnya apa.... liabilitinya apa....???

jas_seen2003: spt apa pak ?

budi_rachmat: seperti di tulisan Wealth Strategy ala Kiyosaki....

jas_seen2003: spt yg dibilang, sy tdk pny aset...

budi_rachmat: udah pernah maen CFG101. ...202...???

jas_seen2003: sy betul2 memulainya dari nol...bahkan minus...dari
pinjaman...

jas_seen2003: maaf pak, belum...

budi_rachmat: klo anda tidak punya asset....income anda dari mana....???

budi_rachmat: "Melek Finansial" sangat bermanfaat untuk mengetahui....

jas_seen2003: maksud sy aset yg kayak rumah, motor, dsb...income sy ya dari
gaji.

budi_rachmat: eeee... ternyata kita punya "potensi modal"....

budi_rachmat: menurut Kiyosaki.... Asset adalah apapun yang memasukkan uang
kedalam kantong anda.... Liability adalah apapun yang mengeluarkan uang dari
kantong anda...

jas_seen2003: maksudnya ?

budi_rachmat: anda belum baca tulisan saya....

budi_rachmat: next...

jas_seen2003: sdh, pak...sy sdh paham itu. yg saya tanyakan...dari
tulisannya bapak...sebelum meninggalkan kerjaan

nagarimagek: silakan yang lain....

jas_seen2003: ? sy belum selesai.

a_mike_t: saya pak roni ?

nagarimagek: oke pak jas_seen sedikit lagi

budi_rachmat: oke pak jas_seen2003

budi_rachmat: sebelum meninggalkan pekerjaan...

budi_rachmat: saya buat cat Keuangan saya....

budi_rachmat: dari situ saya tahu bahwa saya bisa dapat income...

budi_rachmat: klo yang di Liabiliti bisa saya pindahkan segera menjadi
asset....

budi_rachmat: jadi saya berani keluar.... karena tinggal ACTION aja koq...

jas_seen2003: iya, maaf. pak budi. sy hny pegen tahu, seblum meninggalkan
kerjaan sbg org gajian...tentu bpk sdh pny persiapn yg cukup memadai...aset
sdh ada tinggal dioples lagi, dsb...sementara jika belum, apakah bioleh ?

nagarimagek: pak jas_seen cukup ya, silakan pak michael...

jas_seen2003: nah itu dia...thanks pak.

febbyrudiana: % buat Pak Jas Seen

a_mike_t: makasih atas kesempatannya pak roni

febbyrudiana: Selagi belum ada asset memadai jgn tinggalkan kerjaan dulu Pak

jas_seen2003: terimakasih, bu febby.

budi_rachmat: iya...khan fokusnya di INCOME bukan di status...

a_mike_t: pak budi...baca tulisan bapak ttg 3 kendaraan berinvestasi, apakah
itu step by step yg wajib sesuai langkahnya

a_mike_t: jadi membangun BISNIS dulu, baru berinvestasi di PROPERTI baru
berinvestasi di PAPER ASSET

budi_rachmat: wajib....dalam arti....bikin usaha yang menghasilkan
cashflow.... beli properti yang menghasilkan cashflow....

a_mike_t: ?

budi_rachmat: saya dulu ke properti dulu.... saya sarankan sich ke properti
dulu....

a_mike_t: oke...nah, bagaimana kalau modal yg ada tdk seberapa...bgmn
melverage modal yg tdk seberapa tsb ....?

budi_rachmat: pointnya.... cari cashflow dulu... dari biz ataupun dari
properti.... baru cari yang capital gain...

a_mike_t: apalagi utk beli properti skrgini, harganya pun cukup buat sy
mikir2x dgn modal saya

a_mike_t: jd menurut bapak, baiknya mulai dr cahflow yg di dpt dr properti
yah pak ?

budi_rachmat: banyak biz... yang dapat menghasilkan cashflow.... dan
modalnya tidak besar... tidak lebih dari 50jt....

a_mike_t: kalau boleh minta contohnya pak ?

budi_rachmat: jadi modal ga ada.... apakah tidak ada uang sama sekali....???

budi_rachmat: adam burger.... bogasari.... dsb.dsb.dsb....

budi_rachmat: tapi... jangan di run sendiri... harus didelegasikan....

budi_rachmat: klo bisa "take over" yang sudah jalan... jadi sudah ada track
recordnya....

budi_rachmat: next....

nagarimagek: silakan yg lain...

a_mike_t: hmmm, means ga harus selalu mulai dr properti yah pak bud ?

budi_rachmat: biz.... menurut saya tidak ada rumusan yang pasti....

budi_rachmat: satu orang dengan lain mungkin berbeda....

a_mike_t: oke, pak.....silahkan yg lain, sementara sy lg mau mikir dulu,
hehehhehehe

nagarimagek: gak ada pertanyaan lagi?

nagarimagek: atau comment %?

nagarimagek: silakan pak jas duluan

febbyrudiana: Buka toko modal bisa dibawah 10 jt

budi_rachmat: bisa.... contohnya toko saya di MTA....

budi_rachmat: dan di ITC M2....

jas_seen2003: lebih baik mana, buka toko duluan atau cari pasar/market ?

nagarimagek: % ini topik saya nih

febbyrudiana: ke2nya penting

jas_seen2003: maksudnya utk yg modal2 terbatas...

budi_rachmat: udah dijawab saya embahnya... tuch...

nagarimagek: kl saya market duluan

jas_seen2003: kan modal mesti muter...lah, kalo tokonya lantas sepi gmn ?

budi_rachmat: saya sendiri takut untuk buka toko klo belum ada cashflow yang
kuat....

budi_rachmat: tapi orang yang memiliki visi yang kuat.... mungkin
sebaliknya....

jas_seen2003: itu dia...jadi lebih baik cari market dl ya pak ?

nagarimagek: % cari usaha dg modal <5 juta,

febbyrudiana: Pasar itu penting, tapi kepercayaan jg penting

jas_seen2003: visi dan modal kuat kali.

nagarimagek: min 3 bln udah balik modal

nagarimagek: banyak itu pak....

jas_seen2003: contohnya ?

nagarimagek: jualan bakso, contohnya

budi_rachmat: menurut saya VISI yang harus kuat... yang lain... tidak
terlalu penting...

nagarimagek: ini masih topiknya pak budi, bukan saya...

febbyrudiana: Lanjut Pak Budi

jas_seen2003: visi yg kuat spt apa ?

budi_rachmat: "tau apa maunya"....

budi_rachmat: contoh di MTA.... visi saya bahwa bulan Feb 07 toko
menghasilkan keuntungan 20jt per bulan....

nagarimagek: maaf, pak, ini conference, tdk bs terlalu detail...

budi_rachmat: kemauan ini yang sekarang sedang saya "masukan" menjadi visi
saya...

nagarimagek: masih ada pertanyaan lain?

kybenk: pak ronny kalau pak budi mau sharing silahkan aja

budi_rachmat: eeehhh si mod baru masuk....nich...

nagarimagek: ya, lanjut pak budi....

budi_rachmat: untuk menjadikan kemauan menjadi VISI.... coba diRASAkan....
bukan dipikirkan...

budi_rachmat: visi khan gambaran dari apa yang kita mau nantinya....

nagarimagek: setuju 100%

online_batamhot: ?

budi_rachmat: gambaran itu khan tidak rasional..... tidak logis..... jadi
pake PERASAAN...

kybenk: ?? pak ronny saya daftar mau tanya

nagarimagek: silakan pak ade dulu...

nagarimagek: kemudian pak adly....

budi_rachmat: next....

nagarimagek: silakan pak ade....

online_batamhot: begini pak Budi. tiap awal tahun gaji saya naik. seiring
gaji naik itu, saya nambah ngambil kredit KPR BTN. Tapi kemudian saya timbul
pula ide mau buka usaha. namun belum berhasil. saya skrng agak dibelit utang

online_batamhot: usahanya jalan, tapi belum berlaba

online_batamhot: saya minta nasehat dan saran pak budi

budi_rachmat: karena bapak berinvestasi di Liability....

budi_rachmat: coba lunasin salah satunya sehingga expense anda terjaga....

online_batamhot: apa yang harus saya lakukan dg dua rumah KPR BTN, dan dua
kaplingan tanah.

budi_rachmat: disewakan atau di-kost2in yang hasil sewa/kostnya cukkup untuk
bayar cicilan...

online_batamhot: kemudian, hasrat bikin usaha2 yang lain, terus saya action
tak apa kan pak?

budi_rachmat: yang penting cashflow anda baggus..... seperti bank aja... klo
incomenya lebih besar dari expensesnya....

budi_rachmat: berarti anda "dianggap mampu" untuk berinvestasi... karena ada
kelebihan cashflow khan....!!!

budi_rachmat: tapi klo ga bagus.... akan menjadi beban....

online_batamhot: ya pak. makasih. saya makin mantap. terima kasih juga pak
Roni. saya kira saya dicuekin. makasih sekali

budi_rachmat: next....

kybenk: oke

kybenk: pak , saya juga kira-kira 3 tahun yang lalu baca buku kyosaki

budi_rachmat: then...

kybenk: terus setelah baca saya malah bingung mau ngapain,. kondisi saya
saat itu baru bekerja, dan kurang pengalm

budi_rachmat: saya pikir.... Kiyosaki cocok untuk profesional... karena
berangkat dari catatan KEU....

kybenk: pengalaman, sebaiknya yang masih awam berbisnis dan telah membaca
buku kyosaki

kybenk: frame berfikirnya udah terbentuk

kybenk: cashflow

kybenk: harus gimana ya pak kalau penghasilannya pas-pasan

budi_rachmat: harus dibuatkan cat KEU-nya.... "Melek Finansial".... biar
bisa dianalisa

budi_rachmat: outnya kemana untuk apa....???

budi_rachmat: in-nya hanya dari mana.....????

budi_rachmat: outnya yang ga perlu itu .... harus diputuskan.... mo/sanggup
diterusin apa ga....

budi_rachmat: oke... pak Roni....

budi_rachmat: next....

nagarimagek: pak jazili silakan...

kybenk: jadi kalau bagi yang sedang merintis usaha sebaiknya gimana pak?

budi_rachmat: yang penting dibuatkan cat KEU secepatnya.....

budi_rachmat: next....

nagarimagek: pak jazili...

nagarimagek: setelah itu pak abdul

muchijaz: siap bos

kybenk: oke dech

muchijaz: Sesuai dengan tema, ketika bapak keluar dari kerja bagaimana
tanggapan keluarga

nagarimagek: % 20 menit lagi

budi_rachmat: ketika keluar.... ya... ga masalah.... masalahnya ketika
memasukan surat pengunduran diri dan sebelumnya....

budi_rachmat: tapi khan udah di test dengang menyewakan apartemen saya....

budi_rachmat: next....

nagarimagek: sudah pak jazili?

nagarimagek: oke, silakan pak abe maung/abdul...

abe_maung: biz mana yg lbh baik: jd produsen tp cash flownya lambat, atau
bermain di layer kedua / pedagang ..

budi_rachmat: fokus saya ke income.... ke cashflow... jadi saya lebih suka
yang cashflownya baik....

budi_rachmat: kenapa....

budi_rachmat: saya sudah merasakan punya income 3x > dari expenses....

budi_rachmat: ini benar2 seperti orang kaya....

budi_rachmat: apa loe punya.... gw bisa beli....

jas_seen2003: % memang sdh kaya...

budi_rachmat: tapi yang loe punya

budi_rachmat: Asset atau Liability.... he...he...he....

febbyrudiana: ?

nagarimagek: pak abdul sudah selesai?

abe_maung: berani banting stir kalau dianggap cash flow gk mulus tapi
perputaran omset sesuai dg yg diharapkan?

budi_rachmat: saya ga ngerti pertanyaannya pak....????

budi_rachmat: klo omset besar tapi rugi.... ngapain dikerjakan....

abe_maung: he..he... thanks

nagarimagek: silakan bu febby dulu..

febbyrudiana: Pak Budi, knapa Bpk yakin Alfamart itu akan memberikan
keuntungan yg pasti buat cashflow Bpk?

budi_rachmat: karena saya ambil sistem "take over"....

budi_rachmat: toko itu sudah jalan -+ 1 tahun.... jadi udah ada track
recordnya....

febbyrudiana: Maksudnya sudah jalan dulu usahanya?

febbyrudiana: IC

nagarimagek: oke, silakan pak jas seen

febbyrudiana: Knapa org seblumnya mau take over?

budi_rachmat: iya.... udah jalan 1 tahun

nagarimagek: tunggu dulu bu febby blm selesai...

febbyrudiana: Kalau emang bagus?

nagarimagek: % itulah rejekinya pak budi

budi_rachmat: saya ambil langsung dari Alfamart....

budi_rachmat: bukan dari orang lain....

febbyrudiana: Bukan begitu maksud saya Pak Roni

budi_rachmat: biz... Alfamart yang sebenarnya adalah di volume dan
distribusi....

budi_rachmat: bukan dari toko2 tsb....

febbyrudiana: Kadang kan perlu juga hati2

kybenk: % begitu udah siap pola pikirnya, jalannya datang sendiri

nagarimagek: cukup bu febby?

nagarimagek: skrg giliran pak jas seen

febbyrudiana: Masih belum jelas, tapi silahkan yg lain

nagarimagek: silakan pak jas seen

budi_rachmat: next...

jas_seen2003: makasih. 1. Maaf, Pak, pernahkah Bpk gagal ? maksudnya bisnis
yg dirintis tdk sesuai harapan lalu tutup ? 2. bagaimana awalnya bpk
merintis membangun aset sambil bekerja jadi karyawan ?

budi_rachmat: pernah.... saya pernah berbisnis 15 tahun yll... ketika masih
kuliah....

jas_seen2003: boleh tahu...mugnkin salary bpk pas karywan mencukupi sehingga
lebih dari cukup utk diputar sbg modal...

budi_rachmat: karena salary yang cukup itu... malah "pertentangan"nya untuk
keluar menjadi lebih berat....

jas_seen2003: maksud sy, gmn kalo kondisi sebaliknya, jadi P7...sementara
semangta utk berbisnis sendiri ? jadi kondisinya beda sama sekali dengan
bpk...

budi_rachmat: bagusnya Kiyosaki.... menurut saya.... karena pemikirannya
disesuaikan dengan kondisi kita masing2.....

jas_seen2003: misalnya ?

nagarimagek: % 10 menit lagi, 5 menit utk pak budi closing

budi_rachmat: saya tidak bisa ber-andai2.... kebetulan kondisi saya seperti
itu.... dengan kondisi itu saya ambil keputusan....

budi_rachmat: misalnya.... target.....

budi_rachmat: targetnya adalah 3 x expenses anda....

budi_rachmat: expenses setiap orang tidak sama....

budi_rachmat: jadi berapa expenses anda...

budi_rachmat: sekarang targetkan untuk mendapatkan

budi_rachmat: 3x lebih besar dari itu....

jas_seen2003: oic...oke pak, sy sdh cukup paham. sy tunggu resume dari tema
ini : pindah kwadran dg cantik.

budi_rachmat: saya close.... pak...???

nagarimagek: oke, skrg saatnya pak budi kasih closing dan PR buat peserta...

agusalis: jgn dulu

agusalis: mau tanya

nagarimagek: pak agus ini ngeganggu aja

agusalis: he he

nagarimagek: 2 menit pak agus...

agusalis: ok thks

agusalis: pak budi

budi_rachmat: yap...

agusalis: mau tanya bisa gak minta contoh sistem nya

agusalis: spt asset & liabilities

budi_rachmat: sistem yang mana pak....

agusalis: dan accounting nya

budi_rachmat: saya tidak mengerti accounting pak...

budi_rachmat: tapi saya tau....income asalnya dari asset....

nagarimagek: % kan udah disharing pak budi di sarinah...

budi_rachmat: expenses adalah akibat liability.

nagarimagek: masak pak agus lupa...

agusalis: maksudnya filenya pak

budi_rachmat: saya tidak buat di file....

agusalis: saya sudah bikin

nagarimagek: ada di buku kiyosaki

agusalis: tapi masih belum bener

budi_rachmat: tapi dibuku buram....buku buram yang sering ditulis2
dicoret.... tapi ga boleh dibuang

nagarimagek: pak agus, japri aja ya, mau closing nih..

agusalis: oke deh thks

agusalis: he ..he

nagarimagek: sori, mod harus tegas

budi_rachmat: oke saya clossing nich....

ambay01:

nagarimagek: Pak budi, closingnya silakan....

budi_rachmat: cat KEU "Melek Finansial" adalah catatan yang paling
penting....

budi_rachmat: mulainya dari saya... waktu jalan yang diperiksa di sana....

budi_rachmat: selesainya juga ada di sana....

budi_rachmat: jadi semuanya akan terukur....

budi_rachmat: jadi coba buatlah cat KEU tersebut.....

budi_rachmat: nanti klo Incomenya udah lebih besar daripada expensesnya....

budi_rachmat: mo pindah kuadran adalah urusan anda masing2....

budi_rachmat: karena saya sendiri tidak mempersoalkan masalah kuadran
tsb....

budi_rachmat: yang penting.... fokusnya adalah di INCOME....

budi_rachmat: segini aja pak.... sekian dan terimakasih.

jas_seen2003: % jadi tdk masalah hidup di dua 'dunia' ?

febbyrudiana: Mungkin sperti selebaran yg dikasih kalo pas main game ya P
Budi

nagarimagek: trm ksh banyak pak budi, teman2, mohon maaf kalau ada salah
kata

nagarimagek: PR nya jangan lupa ya..

budi_rachmat: buat saya ga pa2 jadi ampibi.... yang penting punya Income....

jas_seen2003: PR nya apa ?

nagarimagek: Dari saya: wajib baca buku rich dad, dan cashflow kuandran.

muchijaz: Pak bud, bisa dishare nih format Cat. Keu nya....

nagarimagek: Sekian, berri aplaus bua pak budi

budi_rachmat: dan buat catatan KEUANGAN.... sesuai dengan tulisan saya
"Melek Finansial"....

jas_seen2003: plok222....makasih2...

nagarimagek: wassalamu'alaikum wr wb

jas_seen2003: alaykumsalam...

budi_rachmat: pak Adly.... yang posting script-nya anda khan.....

nagarimagek: sampai jumpa jumat depan jam yg sama...

a_mike_t: terima kasih pak budi

agusalis: thk pak budi

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post