Teman-teman, berikut ini rangkuman hasil conference via Y!M. Pak Eko tidak bisa
posting karena ada gangguan di emailnya.
Oya, Y!M saya: nagarimagek.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Roni
------------------------------------------------
davidrakhmadi: WWW
eko_juna: assalamu'alaikum semuanya
siskatk: waalaikumsalam :)
eko_juna: topiknya udah ada di milist :)
yusuf_ipoenx2001: Waalaikum salam
aprisatiani: wa'alaikumussalam wr wb**buat semua yang ngucap salam ** :)
eko_juna: Insya Allah semuanya siap
eko_juna: sy harap jam 14 sudah bisa dimulai dan gak ada interupt
aprisatiani: sebentar yah teman2 ..masih invite beberapa orang lagi
aprisatiani: sekitar 1-2 menit lagi kita mulai
brian_id2001: aya naooon iye teh
brian_id2001: assalamualaikum wr wb
dhian_kurnia: sabar.. prend kasian tuh moderatornya :d
brian_id2001: kenapa gtu moderatornya
dhian_kurnia: silahkan tapi mendingan kenalan dulu dong :d
nagarimagek: iya, silakan, daripada bengong...:)
brian_id2001: mangga atuh
dhian_kurnia: jam 14.00 pas dah ga boleh ngobrol ngelantur ya.. :d
fanny_anantha: sudah lewat jam 14 kang :-)
purwokowidodo: ini udah lewat 2 m init
nagarimagek: wah, ngeri deh..
brian_id2001: perkenalkeun : saya Brian ... saat ini masih menjadi TDB saat ini
nagarimagek: oke, dimulai ya...
eftedpk: mulai pak
fanny_anantha: silaken pak roni
brian_id2001: ehem 2x
nagarimagek: sy harap semua udah baca pengantar dari saya ya...
nagarimagek: jadi, sy gak mulai dari nol lagi..
nagarimagek: ini sekedar sharing dari saya dari seminarnya pak tung dw
nagarimagek: mudah2an sy bisa menyampaikannya dgn baik...
aprisatiani: Oke silahkan Pak roni di mulai
nagarimagek: materi ini cocok utk kita2 pengusaha kelas ukm
nagarimagek: ala street smart, alias show me the money...
afrizal_syafri: yup
nagarimagek: kita gak punya anggaran yg banyak utk marketing, branding dll...
nagarimagek: jadi, ibarat penembak jitu, pelurunya sedikit, harus tepat
sasaran...
eko_juna: *maaf baru berhasil masuk lagi, silahkan dilanjut
nagarimagek: bisnis tidak ada sebelum dilakukan PENAWARAN...
nagarimagek: jadi, yg penting bukanlah kartu nama, kantor yang mentereng,
kecanggihan IT, bahkan bukan juga produk...
nagarimagek: tapi: penawaran...
nagarimagek: semua itu gak ada artinya sebelum anda melakukan penawaran...
nagarimagek: contoh penawaran: saya kasih anda uang, anda kasih saya es krim
afrizal_syafri: ok
nagarimagek: masalah dengan penawaran adalah:
nagarimagek: 1. apa yg anda jual
nagarimagek: 2. berapa harganya?
nagarimagek: 3. kenapa saya harus percaya kepada anda?
nagarimagek: 4. apa untungnya buat saya?
nagarimagek: jadi, kita melihat dari sisi konsumen
nagarimagek: apakah produk yg kita tawaran memenuhi kebutuhan konsumen?
nagarimagek: mungkin kita pernah dengar istilah sensational offer
nagarimagek: sekarang ada tambahan lagi: irresistible sensational offer
nagarimagek: jadi, penawaran yg gak mungkin ditolak
nagarimagek: hanya orang bodoh yang menolaknya..
nagarimagek: hmmm..
nagarimagek: silakan dipikirin, kira2 anda pernah nggak mendapatkan penawaran
spt ini..\
nagarimagek: contohnya saya:
nagarimagek: sy sering ditelpon oleh tele marketing kartu kredit dan selalu saya
tolak
nagarimagek: sy sudah punya dua dan itu pun jarang dipake, alasan saya...
nagarimagek: hampir semuanya mental...
nagarimagek: kecuali yang satu, beberapa wkt lalu
nagarimagek: sy ditelpon oleh citibankg
nagarimagek: citibank
nagarimagek: dia langsung nawarin abonemen telkomsel gratis utk saya...
nagarimagek: sy jadi mikir juga...
noturno_venus: lumayan donk pak
nagarimagek: otak sy mikir, sy kan punya 5 account telkomsel (halo) atas nama
saya..
nagarimagek: hmm, lumayan juga kalo dibayarin...
nagarimagek: ternyata nggak! cuma satu doang!
nagarimagek: akhirnya sy nggak jadi...
brian_id2001: jgn lupa di cek biaya air timenya pak
nagarimagek: sayang sensational offernya gak terlalu hebat
brian_id2001: seyogyanya tdk ada
nagarimagek: tapi, lumayan, bikin saya tertarik
nagarimagek: nah...
nagarimagek: mungkin teman2 ada pengalaman spt ini juga..
nagarimagek: kira2 spt itulah irresistible sensational offer itu...
nagarimagek: contoh lain sdh sy sebutkan di pengantar...
nagarimagek: spt domino's pizza: kalo lewat dari 30 menit, gratis!
nagarimagek: ini dibuktikannya
nagarimagek: bahkan dia sengaja dibuat lambat 1 menit
nagarimagek: dan konsumen dapat gantinya...
digonang: kalo misalnya untuk bisnis laundry: "jika tidak bersih, gratis cuci
ulang" termasuk juga nggak Pak?
nagarimagek: dan ini jadi omongan di mana2...
nagarimagek: iya pak..
eko_juna: pak digonang tunggu dipersilahkan moderator
eko_juna: apakah pak roni sudah selesai ?
nagarimagek: sebentar, pegel dulu nih...
feli_alfalah: %maaf, logout dulu
nagarimagek: tambahan lagi:
nagarimagek: cara memperkuat penawaran anda:
nagarimagek: 1. buat semacam keterbatasan, contoh: hanya utk 50 org pertama,
hanya bulan agustus saja, dsb...
nagarimagek: 2. buat nilai tambah, jadi produknya ada nilai tambah. jangan
standard yg org lain bisa tiru
anaqinabil01: Wahh telat nih...
nagarimagek: 3. risk reversal, orang takut risiko, maka buat jaminan uang
kembali, payment plan (cicilan), free sample (marketing ala narkoba:))
nagarimagek: contoh lain:
nagarimagek: garansi
nagarimagek: pay for result
nagarimagek: free support
nagarimagek: try before you buy...
nagarimagek: 4. kemudahan dalam berbisnis, make it simple, jangan bertele2
purwokowidodo: .
nagarimagek: 5. pricing tactic, mahal dulu baru murah. contoh: harga yg dicoret
nagarimagek: diskon
nagarimagek: rabat
nagarimagek: kupon
nagarimagek: 6. rekomendasi
nagarimagek: udah pak...
afrizal_syafri: hmmm
nagarimagek: materinya cuma segitu2 nya...
eftedpk:
nagarimagek: tapi, kalo dipraktekkan....luar biasa!
nagarimagek: skrg pikirkan, apa yg bisa anda tawarkan...
nagarimagek: yg jelas, tawaran itu tidak boleh rugi, hrs untung...
nagarimagek: makanya, hitungan hrs matang....
nagarimagek: dan selalu lakukan test and measure
nagarimagek: mulai dr yg kecil dulu..uji coba..
agusalis: ocre
nagarimagek: sudah, pak eko...
nagarimagek: wah, boss agus gak usah ikutan! udah master tuh!
nagarimagek: :)
nagarimagek: kok nggak ada yg nanya?
nagarimagek: halow...
noturno_venus: ya
brian_id2001: iya kang roni
agusalis: sorry
brian_id2001: kumaha akang sehat
agusalis: pak eko lagi ngadat line nya
nagarimagek: bisa dibantu pak eko, mbak anria?
agusalis: pindah kamar ya
dhian_kurnia: alhamdulillah kalo dah sehat :d
nagarimagek: pak agus tlg dibantu ya...
dhian_kurnia: mod.. mo pindah kamarkah ?
yuswacom: #-o
parvidia: Kok vacum gini lama ya...
agusalis: ga usah deh
brian_id2001: ini kenapa jadi pada tegang begini
nagarimagek: santai aja..
agusalis: saya invite pak eko
dhian_kurnia: takut dibentak ama moderator "mbak" Anria kali :d
brian_id2001: iya dunk ... sersan aja
brian_id2001: serius tapi santai
noturno_venus: tenang.. tenang..
nagarimagek: tapi, materi tadi masuk akal ya...
nagarimagek: dan bisa langsung dipraktekkan...
agusalis: sebentar yaa
agusalis: sabar
agusalis: moderator lagi diinvite
dhian_kurnia: kayaknya Bos Roni.. ngadat nih :-(
agusalis: oke boss eko silahkan
eko_juna: wah koq error gini ya
eko_juna: silahkan yg mau bertanya
eko_juna: sy list siapa yg pertama ?
eko_juna: kasih tanda [ ? ]
abinummi: test
dhian_kurnia: ok.. test diterima :d
anaqinabil01: emangnya pak roni habis sakit gitu ?
nagarimagek: nggak pak, sy sehat..
eko_juna: ayo siapa yg mau bertanya ?
eko_juna: ttg materi hari ini ?
eko_juna: klo enggak sy nanya nih :)
dhian_kurnia: ?
digonang: ?
eko_juna: silahkan pak
eko_juna: digonang kedua
davidrakhmadi: ?
aprisatiani: **maaf beribu maaf, YM! saya stuck...gak tau yang lain??...**
sampai mana nih?** kok jadi nanya kesehatan?
brian_id2001: kenapa jadi pada tegang yaaa
dhian_kurnia: Pak, kalo penawaran yg pernah dilakukan oleh P Roni sendiri yg ga
mungkin ditolak oleh konsumen apa ??
eko_juna: bukan tegang pak brian tp koneksi error
nagarimagek: sy berikan garansi 30 hari uang kembali..
dhian_kurnia: Dari pengalaman P Roni sendiri
eko_juna: silahkan dhian_kurnia
jati_group: ?
nagarimagek: sejauh ini bisa dibilang sukses...
dhian_kurnia: yg lebih dari itu pak.. ato mungkin yg sekarang masih di "dapur"
?? :d
nagarimagek: masih ada yg di dapur juga..:)
nagarimagek: point2 1, 2, 3, 4.. itu hampir semuanya sudah sy lakukan...
agusalis: ?
nagarimagek: cukup pak?
dhian_kurnia: ok.. silahkan yg lain pak
brian_id2001: kang roni sdh boleh memberikan comment belum nich ?
digonang: bagaimana kalo irresistible sensational offer digabung sama co
branding, misal: jika ada yang memasukkan laundry dengan nilai lebih dari Rb
50.000 akan dapat gratis 1 porsi ketupat sayur padang? kira-kira worth nggak Pak
Rony?
nagarimagek: tanya mod aja..
nagarimagek: di sini kita tidak menilai benar atau salah...
nagarimagek: tapi, bagaimana hasilnya..
nagarimagek: kalau berhasil, ya dianggap benar...
nagarimagek: selalu lakukan test and measure...
agusalis: ?
nagarimagek: yg berhasil di saya, belum tentu berhasil di bisnis anda, yg
penting idenya itu...
feli_alfalah: ?
digonang: berarti dalam hal ini case per case ya Pak?
nagarimagek: iya
nagarimagek: makanya penting test and measure itu
nagarimagek: dan lakukan uji coba dalam skala kecil dulu...
nagarimagek: utk mengantisipasi kerugian yg besar..atau bad publicity..
afrizal_syafri: setuju...
nagarimagek: cukup pak?
digonang: maksud skala kecil itu hanya pada sebagian konsumen saja atao
offer-nya dalam skala lebih kecil?
nagarimagek: bukan, misalnya pasar anda seluruh indonesia...
nagarimagek: anda coba dulu misalnya di 1 propinsi, sbg proyek percontohan
nagarimagek: kalau berhasil, baru dibuat nasional
digonang: baik pak, cukup, silahkan yang lain
nagarimagek: ini beda dgn perusahaan besar, biasanya langsung kampanye scr
nasional...krn anggarannya tdk terbatas.
nagarimagek: lanjut..
eko_juna: silahkan davidrakhmadi
agusalis: /
agusalis: ?
agusalis: pak ron
nagarimagek: pak agus duluan..
agusalis: mau tanya
agusalis: itu 30 hari uang kembali maksudnya
agusalis: gimana ?
eko_juna: silahkan pak agus
agusalis: barang yg sudah dibeli bisa balik
davidrakhmadi: sensational offer vs cost vs customer complain pak
agusalis: kalo udah dipake ?
eko_juna: pak agus silahkan
eko_juna: setelah itu pak dabidrakhmadi lalu jati_group
nagarimagek: iya, bagi yg mau coba produk saya, dalam 30 hari bisa dikembalikan
uang 100%,
nagarimagek: masih pak agus...
nagarimagek: maksudnya pak agus?
agusalis: oo
agusalis: kalo udah dipake gak bisa dibalikin ya pak ??
nagarimagek: di amerika pernah ada, udah dipake bertahun-tahun pun bisa
dibalikin
nagarimagek: dan memang ada yg melakukannya..
agusalis: nah di pak roni bgmn ?
nagarimagek: sy lupa perusahaannya...
nagarimagek: kl saya 30 hari, karena ada itung2annya...
nagarimagek: soalnya, ini bisa jadi bumerang juga...
dhian_kurnia: ** Nike pak.. setahun baju reject diganti baru
nagarimagek: ini tetap terus saya lakukan test and measure..
nagarimagek: kalau membahayakan, ya harus diganti dgn yg lain...
agusalis: iya betul
agusalis: thks
agusalis: saya sdh cukup silahkan yg lain
nagarimagek: lanjut...
davidrakhmadi: sensational offer vs biaya yg timbul + sensational offer vs
customer complain, gimana itu pak itung2annya+ngukurnya?
nagarimagek: ngukurnya ya di profitnya pak...
nagarimagek: jangan sampai merugikan...
nagarimagek: itung2anya silakan dibuat sendiri lah...
davidrakhmadi: test dan measure pak ya??
nagarimagek: contoh: ada bengkel yg ngasih mobil gratis selama mobil kita
diperbaiki
nagarimagek: tentu dia punya itung2annya...
nagarimagek: dan gak rugi
jati_group: pertanyaan yang akan saya ajukan sudah terjawab, giliran saya mohon
dilewat.thx
davidrakhmadi: ok, trims
nagarimagek: silakan yg lain...
eko_juna: ada yg lain krn jati_groups batal nanya :)
eko_juna: ?
nagarimagek: silakan...
eko_juna: klo gitu sy nanya deh
feli_alfalah: ?
nagarimagek: silakan pak eko
eko_juna: prosentase yg menggunakan peluang itu berapa pak roni ?
nagarimagek: maksudnya? yg uang kembali?
eko_juna: feli setelah ini ya
eko_juna: ya
feli_alfalah: %sip
nagarimagek: lumayan juga pak..
eko_juna: ada gak yg memanfaatkan dg kurang baik
nagarimagek: ada juga...
yusuf_ipoenx2001: ?
nagarimagek: ada yg begitu, coba belanja 10 juta, kemudian balik 10 juta...
nagarimagek: ya saya kembalikan...
nagarimagek: no hurt feeling...:)
nagarimagek: jadi, kita juga hrs siap dgn org yg bermaksud kurang baik spt
ini...
eko_juna: punya prosentasenya gak pak, krn kata brad sugar paling yg begitu
hanya 1-3 %
nagarimagek: contoh, liat nggak iklan di rumah makan padang
nagarimagek: iklan sampoerna hijau...
agusalis: ya..ya...ya...
agusalis: pasti ada ya pak
nagarimagek: dia cuma makan pake kuah doang hahaha...
eko_juna: :)
eko_juna: silahkan feli
nagarimagek: iya pak eko, kira2 paling tinggi 10% lah...
nagarimagek: lanjut...
feli_alfalah: ok, saya mau tanya mengenai sample pa
feli_alfalah: sample itu kan kita kasih penawaran kepada calon pelanggan atau
agen, biasanya cuman dikit jarang yang lebih dari 5 pcs
feli_alfalah: biasanya hitungan harganya gimana pa ?
nagarimagek: sample gratis? sy nggak sarankan...
nagarimagek: kecuali utk makanan...
feli_alfalah: bukan gratis :d
feli_alfalah: misal untuk garmen spt manet
nagarimagek: ooo
feli_alfalah: penawaran kpd agen dll
feli_alfalah: yup
nagarimagek: ya, tetap hrs untung pak...meskipun tipis...
nagarimagek: tetap pakai logika show me the money..
blinxsatan: ?
nagarimagek: silakan...
feli_alfalah: berarti setipis harga agen ya pa
feli_alfalah: bisa spt itu ?
eko_juna: jika pak feli sudah selesai silahkan blixsatan
nagarimagek: ini agak teknis ya pak...
nagarimagek: soalnya variabel lain jg hrs dihitung...
feli_alfalah: o, ic, :d yup, lanjt di privat aja pa
nagarimagek: oke, lanjut....
blinxsatan: assalamu'alaikum pak roni
eko_juna: silahkan blinxsatan
blinxsatan: saya mo tanya
blinxsatan: pak roni lebih menitik beratkan kemana penawaran tersebut
blinxsatan: ke agen
blinxsatan: ke konsumen
blinxsatan: ato ke sales
nagarimagek: kalau saya ke agen, otomatis juga ke konsumen...
anaqinabil01: pertanyaan pak eko di hide pak ya
nagarimagek: cukup pak?
blinxsatan: jadi lebih memberikan kesempatan ke agen untuk improvisasi ya
nagarimagek: iya..
blinxsatan: dalam bentuk apa pak ??
nagarimagek: maksudnya?
blinxsatan: bonus akhir bulan ato diskon ke agen ??
anaqinabil01: jadi kurang nyambung nih...:)
blinxsatan: ato semacam kejutan ke agen ??
nagarimagek: ooo, dalam konteks uang kembali, tentunya akan dikembalikan ke
konsumen melalui agen...
edieskurniawan: ? Assalamu'alaikum Mods, mo nanya nih:)
eko_juna: pak edi sebentar ya
blinxsatan: semacam refund ke agen ??
nagarimagek: iya...
blinxsatan: yang dihitungberdasarkan banyaknya barang yg keluar ??
nagarimagek: berdasarkan pembeliannya pak
nagarimagek: kalau dia belanja 1 juta, ya dikembalikan 1 juta...
blinxsatan: klo dalam bisnis pak roni adakah fungsi Sales yg juga berperan
penting ??
nagarimagek: sales sy adl para agen itu..
nagarimagek: jelas penting pak..
blinxsatan: ooooo...
nagarimagek: :)
nagarimagek: mungkin cukup ya pak...
eko_juna: cukup blinxsatan ?
eko_juna: silahkan pak edu
eko_juna: edi
blinxsatan: jadi pak roni punya margin keuntungan yg sangat besar ya :D
nagarimagek: :D wah, jangan gitu dong ah...ini rahasia perusahaan...:D
blinxsatan: hehehehehe...
blinxsatan: ya udah saya cukupka dulu
eko_juna: :) halo pak edi silahkan pak
blinxsatan: tks pak roni
agusalis: =D>
blinxsatan: silahkan pak eko
nagarimagek: giliran pak edi ya...
edieskurniawan: Pak Roni, kalo penjualan secara langsung pembeli kan bisa
langsung membuktikan sensasional offer yg kita tawarkan, nah kalo secara online,
sy sendiri kalo dpt menawaran yang ada embel2 BONUS, GRATIS, BEBAS, GARANSI dll
deh kok malah curiga yah jangan2 ini penipuan, pertanyaannya bagaimana
menerapkan online irresistible sensasional offer, yg tdk buru2 dicurigai
penipuan soalnya customer kan harus transfer uang dulu sebelum membeli?
eko_juna: ada yg lain selain pak edi yg ingin bertanya ?
nagarimagek: itu dia...
eko_juna: ups sori lanjut
nagarimagek: selain itu semua, org jg hrs percaya sama kita...
nagarimagek: hrs dibangun kepercayaan...
nagarimagek: contohnya, wkt sy bikin online, sy gandeng pak tung..otomatis org
jd percaya..
febbyrudiana: halo...maaf baru join
nagarimagek: di setiap seminar, pak tung ngomongin manet...jadi tambah
dipercaya...
anaqinabil01: Pak Roni... pertanyaanya mana nih .... koq cuma jawaban dari Pak
Roni sih
nagarimagek: ym-nya error mungkin pak..
nagarimagek: kadang orang menggunakan sertifikat utk kepercayaan, ijazah, surat
ijin, prestasi, testimony, dll...
nagarimagek: gimana pak edi?
nagarimagek: halow?
edieskurniawan: % ia Pak, tips unt building trust ini penting lho...
nagarimagek: gini aja pak, pake logika aja...
emasestu: % ato nama : warung barokah, senyum muslim,
nagarimagek: di antara org yg gak percaya, pasti juga ada yg percaya...
penk_deui: sorry
alfayed_2000: % ? tanya pak ...
nagarimagek: tentu saja kita tetap harus bangun nama, utk kepercayaan itu...
agusalis: sbtr pak alfayed
edieskurniawan: ? sama satu lagi Pak, gimana tips2 membuat sensasional offer yg
dahsat? apa perlu dibuat lomba ya Pak?
nagarimagek: wah, itu pake otak kanan aja pak..
eko_juna: pak edi udah cukup ? ada yg lain ingin bertanya ?
nagarimagek: biarkan ide2 gila muncul...
alfayed_2000: ? tanya pak ...
nagarimagek: silakan...
eko_juna: pak edi spt nya belum
eko_juna: setelah ini alfayed
nagarimagek: gimana pak edi?
agungkuswanto: ? tanya pak, kalau joinnya telat- tlong arsipnya di share ya...:)
edieskurniawan: %pertanyaan sy cukup Pak, tinggal nunggu jawaban aja :)
nagarimagek: silakan minta ke pak eko aja pak agung...
nagarimagek: belum terjwb ya pak?
nagarimagek: contoh2nya sdh sy sampaikan di pengantar conference via milis..
eko_juna: silahkan alfayed utk bertanya
nagarimagek: caranya, kita menempatkan diri dari sudut pandang konsumen...
nagarimagek: apa yg dipikirkanya, apa yg dikhawatirkannya...
alfayed_2000: pak roni, bagaimana cara mengatasi agar sensasional offer tidak
menjadi blunder bagi bisnis kita ?
nagarimagek: itu dia pak..
nagarimagek: lakukan test and measure, lakukan uji coba dalam skala yg kecil,
jgn terburu-buru...
nagarimagek: soalnya, bisa rugi, kalau tidak cermat...
eko_juna: maaf sptnya td sudah dijawab : tes en measure dan ada huting2 annya
eko_juna: :)
nagarimagek: iya...
eko_juna: tp silahkan klo pak roni ada yg indin ditambahkan
nagarimagek: mungkin itu aja ya..
nagarimagek: yg penting ilmunya dipraktekkan...
nagarimagek: jangan pake otak kiri aja...
alfayed_2000: ? oh .... maap maap , arsipnya di share ya bos kalo gitu, saya
telat ikut conf.nya :D
eko_juna: gpp pak
eko_juna: :)
eko_juna: pak roni ingin menambahkan atau ada yg lain yg ingin bertanya ?
nagarimagek: materinya cuma segitu aja kok pak...gak banyak...
nagarimagek: yang banyak adalah prakteknya...
nagarimagek: ini cuma sekedar AHA saja, selebihnya terserah anda...
eko_juna: sy lg deh
alfayed_2000: ? tanya lagi kalo boleh ...
nagarimagek: pak eko dulu, kmd pak iwan...
eko_juna: pak roni punya list contoh ttg hal ini ya ?
eko_juna: perusahaan2 yg menerapkan hal ini maksudnya
nagarimagek: kan sudah sy sampaikan di pengantar...
nagarimagek: tapi contoh di luar negeri..
nagarimagek: kalau di indonesia apa ya...
eko_juna: silahkan pak
eko_juna: alfayed
brian_id2001: punten 2x teman ... saya pamit dulu ... mau sholat ashar ...
assamualaikum wr wb ... terima utk kang roni dan moderator atas undangannya ...
nagarimagek: sama2 pak..
nagarimagek: silakan pak iwan alfayed...
nagarimagek: halow?....
alfayed_2000: pertanyaan saya sama dengan pertanyaan bos eko barusan .. :D +
satu lagi : apakah sensasional offer itu bisa tidak rasional pak ?
nagarimagek: hmmm...kalau diback up dgn perhitungan yg matang, sy rasa sih
rasional pak...
febbyrudiana: % building trust sangat perlu di dunia online
nagarimagek: cuma, cara penyampaiannya hrs menyentuh emosional..
nagarimagek: iya, bu febby, td sudah kita bahas...
febbyrudiana: selain testimoni, alamat jelas & no.kontak yg bisa dihubungi juga
sangat menunjang
eko_juna: silahkan pak roni untuk menjawab pertanyan alfayed
nagarimagek: ada contoh menarik dari pak tung...
nagarimagek: dia menjual seminar seharga 900 ribu, kemudian ditawarkan bagi yang
daftar sampai tgl tertentu cukup bayar hrg yg sama dan bisa datang berdua...
nagarimagek: ini kan sama aja diskon 50 %!
nagarimagek: cuma cara penyampaiannya yg beda...
nagarimagek: secara rasio, ini diskon 50%, secara emosional, org mrs lebih murah
krn bisa datang berdua...
nagarimagek: bagaimana pak alfayed?
nagarimagek: halow?..
nagarimagek: kok pada diem? error lagi ya?
agungkuswanto: ?? sory, lagi error ya???
blinxsatan: iya error nih pak
febbyrudiana: iya nih...koq sepi ya...:-/
nagarimagek: :(
siskatk: ;)) kita lagi nungguin jawaban pak Roni
blinxsatan: pertanyaan pak alfayed dan pak eko blom dijawab
nagarimagek: oooo
nagarimagek: udah sy jawab pak.. dari tadi...:(
nagarimagek: sy posting lagi deh..
agusalis: alo
agusalis: pak eko
anaqinabil01: kirain punyaku aja yg error...semua to ...
blinxsatan: wah berarti ga muncul nih jawabannya
nagarimagek:
Iwan Alfayed: pertanyaan saya sama dengan pertanyaan bos eko barusan .. + satu
lagi : apakah sensasional offer itu bisa tidak rasional pak ?
Roni Yuzirman: hmmm...kalau diback up dgn perhitungan yg matang, sy rasa sih
rasional pak...
wethree_46 has joined the conference.
Febby Rudiana: % building trust sangat perlu di dunia online
Roni Yuzirman: cuma, cara penyampaiannya hrs menyentuh emosional..
Roni Yuzirman: iya, bu febby, td sudah kita bahas...
Febby Rudiana: selain testimoni, alamat jelas & no.kontak yg bisa dihubungi juga
sangat menunjang
Eko Junaedi: silahkan pak roni untuk menjawab pertanyan alfayed
Roni Yuzirman: ada contoh menarik dari pak tung...
Roni Yuzirman: dia menjual seminar seharga 900 ribu, kemudian ditawarkan bagi
yang daftar sampai tgl tertentu cukup ba
agungkuswanto: belum ketrima kayaknya...
nagarimagek: bisa diterima dgn baik?
nagarimagek: test... bisa terbaca?
blinxsatan: yup udh dapet pak roni
blinxsatan: udah bisa kok
agungkuswanto: sudah
nagarimagek: udah dibaca pak iwan?
blinxsatan: klo gitu boleh saya tanya lagi ??
nagarimagek: silakan...
blinxsatan: kira2 bagaimana hierarki sistem distribusi dari pak roni sampe ke
konsumen ??
nagarimagek: wah ini di luar topik, mungkin tdk bs jawab di sini..
alfayed_2000: sudah pak ... ? bisa diberikan contoh penyampaian yg menyentyuh
emosional itu seperti apa pak
alfayed_2000: sudah pak ... ? bisa diberikan contoh penyampaian yg menyentyuh
emosional itu seperti apa pak ...
nagarimagek: tadi udah pak. dari seminar pak tung, bayar penuh, tapi bisa datang
berdua, ini sama sj dgn diskon 50%...
nagarimagek: emosional: datang berdua, bisa dgn pasangan dsb...
agusalis: yg lain gimana ?
blinxsatan: mungkin ini akan berhubungan dengan penawaran unutk para agen bapak
nagarimagek: itu tadi, garansi 30 hari uang kembali, secara emosional, ini
mengurangi risiko bagi pembeli...
nagarimagek: secara emosional, org menghindari risiko...
nagarimagek: kira2 begitu pak...
agungkuswanto: ? apa ada yg benar2 mengembalikan barang sebelum 30 hari pak?
nagarimagek: banyak pak:)
agungkuswanto: ? seberapa sering ?
agungkuswanto: hehehe
blinxsatan: oooo...
alfayed_2000: ic ic ... berarti ada resiko penumpukan barang ya pak, utk
melempar brg yang dikembalikan gmn pak ? ada cara atau kiat lain ?
nagarimagek: makanya sy katakan, hrs test and measure, hitungan hrs matang,
jangan jadi bumerang...
blinxsatan: dengan banyaknya yg retur, apakah pak roni tidak takut dengan
kualitas manet ??
yusuf_ipoenx2001: % ini karena barang reject atau memang sudah dipakai dan tidak
suka modelnya pak :-)
eko_juna: ok waktu tinggal 17 menit lagi :)
nagarimagek: nggak pak, produk sy dibuat di pabrik yg biasa eksport...
nagarimagek: jadi bukan soal barang reject...
blinxsatan: satu lagi pak roni...
nagarimagek: biasanya sih krn produk sy mahal...
nagarimagek: silakan..
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake
dalam industri garment ??
yusuf_ipoenx2001: yang biasanya dibalikin soal apa pak?..Gak suka
modelnya?..Tapi klo sudah dipakai bisa dibalikin juga ya?..
nagarimagek: sy kurang tahu pak....
yusuf_ipoenx2001: Lho klo produk mahal knp pas pertama beli ya pak?..
nagarimagek: sy nggak tau, itu bagian dari risiko saya...
nagarimagek: namanya manusia pak, kan ada aja alasannya...
nagarimagek: yg penting di kitanya...
nagarimagek: contoh, seminarnya pak tung lagi...
yusuf_ipoenx2001: Tapi klo udah dipakai gak bisa dibalikin pak?..
nagarimagek: ada garansi uang kembali juga...
nagarimagek: ternyata ada yg minta kembali...alasannya dia dibiayai oleh
kantor..
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake
dalam industri garment ??
nagarimagek: jadi kalau uangnya dikembalikan, akan masuk kantong dia...
nagarimagek: sy lihat belum pak...
nagarimagek: tapi, di metro sudah diterapkan juga...
nagarimagek: metro dept store...
blinxsatan: jadi masih inovasi sendiri ya pak
nagarimagek: kalau di amerika sudah umum pak..
nagarimagek: bahkan tanpa batas waktu, kapan pun...
agusalis: maaf saya off dulu
blinxsatan: nah klo sudah umum kira2 apalagi yg bisa diberikan ya ....:D
blinxsatan: biar jadi pembeda dari yg lain ??
nagarimagek: :D be creative aja...
blinxsatan: hehehehehe....
nagarimagek: otak manusia itu punya kemampuan tanpa batas...
alfayed_2000: "beli 1 dapet 2" , " diskon 70% sblm tgl xx/xx/2006", "gratis
umroh utk pembeli ke 1000", kurang lebih seperti itu ya pak ...
nagarimagek: yup...
nagarimagek: dateng ber 4 cukup bayar 2...
nagarimagek: kunjungan ke 6 gratis...
blinxsatan: yup...
nagarimagek: 10 menit lagi mau closing ya...
blinxsatan: terus terang saya masih ke arah harga yg paling murah untuk produk
saya
agungkuswanto: ada buku2, website2 yg kasih contoh2 iso ini gak pak roni?
blinxsatan: jadi blom ke arah sensational offer
nagarimagek: oya, ada yg terlupa...
blinxsatan: apa tuh pak roni
nagarimagek: marginnya harus menutupi pak...
alfayed_2000: "belanja 10jt, free business coach with badroni yuzirman" ... :D
nagarimagek: kalau marginnya tipis, berbahaya...
blinxsatan: yaa...itu yg paling 'pusing'
nagarimagek: ada yg cerdik pak, carrefour...
nagarimagek: "ada yg lebih murah? kami ganti selisihnya"
blinxsatan: saya ingin merangkul sales, agen, maupun konsumen
nagarimagek: padahal berapa sih selisihnya? hahaha...
alfayed_2000: minimal margin berapa % pak ? apa tergantung dari sensasional
offer kita atw ada hitung2an lain ?
nagarimagek: sekarang lebih sensational lagi: "kami ganti selisihnya 2x lipat"
eko_juna: ok waktu tinggal 8 menit lagi
blinxsatan: oooo..gitu ya...
nagarimagek: sy belum punya referensi utk produk yg marginnya tipis..
blinxsatan: jadi masih bisa diambial dari profit kita
nagarimagek: tapi, tetap cara ini bisa dipraktekkan...
blinxsatan: kebanyakan barang komiditi pak
nagarimagek: ya itu tadi, be creative...
nagarimagek: mulai dari sudut pandang konsumen...
blinxsatan: oke...
nagarimagek: biasanya, kalau margin tipis, konsumen jg nggak minta yg macam2...
nagarimagek: mrk juga tau kok...
blinxsatan: tapi bisa jadi dicap barang murahan hehehehehe...
nagarimagek: oke, closing ya....
blinxsatan: apalagi klo lagi mo branding
nagarimagek: sy kira itu yg bisa sy sampaikan...
nagarimagek: mudah2an bermanfaat...
blinxsatan: terima kasih pak roni
nagarimagek: ini bukan soal teori benar salah...
fanny_anantha: terima kasih pak ronny
nagarimagek: tapi ini sudah berlaku umum, cuma kita sering tidak sadar...
nagarimagek: ini bukan ilmu baru...
alfayed_2000: Jakakumulloh khoiron katsiro pak roni .... =D>
nagarimagek: katanya, alm ayahnya pak hadi juga melakukannya...sebelum indonesia
merdeka dulu...
nagarimagek: jazakalallah khair...
nagarimagek: jazakallah...
nagarimagek: kurang lebihnya saya mohon maaf...
nagarimagek: utk selanjutnya, mungkin ada di antara kita yg juga punya sesuatu
yg bisa disharing kepada teman2, saya persilakan...
aprisatiani: =D>*buat pak rony
nagarimagek: jangan disimpan aja ilmunya... dibagikan....jadi amal...insya
Allah...
davidrakhmadi: =D>
nagarimagek: terima kasih...
dhian_kurnia: =D>
aprisatiani: =D>=D>*buat saya yang cuma dapet awal sama buntut nya doank:((**
nagarimagek: wassalamu'alaikum wr wb...
agungkuswanto: =D>
the_shadow_insight: =D>
afrizal_syafri: ?
agungkuswanto: saya off dulu...makasih semua nya...
blinxsatan: =D>
noturno_venus: walaikum salam=D>
eko_juna: wa'alaikumsalam
eko_juna: dengan ini conference sy tutup
eko_juna: silahkan bagi yg masih ingin chat :)
anaqinabil01: Thanks pak & salam sama Pak Haji
blinxsatan: terima kasih banyak pak roni semoga membawa pencerahan buat bisnis
saya
blinxsatan: :D
alfayed_2000: amin ...
alfayed_2000: pak eko, arsipnya di share yaaa ..... pak eko baek dech
alfayed_2000: :)
davidrakhmadi: WWW .. maksih pak roni, maksih pak moderator, makasih semua :)
noturno_venus: iya donk pak eko.. saya telat tadi
parvidia: Terima kasih pak Rony atas sharingnya, semoga bermanfaat.
posting karena ada gangguan di emailnya.
Oya, Y!M saya: nagarimagek.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Roni
------------------------------------------------
davidrakhmadi: WWW
eko_juna: assalamu'alaikum semuanya
siskatk: waalaikumsalam :)
eko_juna: topiknya udah ada di milist :)
yusuf_ipoenx2001: Waalaikum salam
aprisatiani: wa'alaikumussalam wr wb**buat semua yang ngucap salam ** :)
eko_juna: Insya Allah semuanya siap
eko_juna: sy harap jam 14 sudah bisa dimulai dan gak ada interupt
aprisatiani: sebentar yah teman2 ..masih invite beberapa orang lagi
aprisatiani: sekitar 1-2 menit lagi kita mulai
brian_id2001: aya naooon iye teh
brian_id2001: assalamualaikum wr wb
dhian_kurnia: sabar.. prend kasian tuh moderatornya :d
brian_id2001: kenapa gtu moderatornya
dhian_kurnia: silahkan tapi mendingan kenalan dulu dong :d
nagarimagek: iya, silakan, daripada bengong...:)
brian_id2001: mangga atuh
dhian_kurnia: jam 14.00 pas dah ga boleh ngobrol ngelantur ya.. :d
fanny_anantha: sudah lewat jam 14 kang :-)
purwokowidodo: ini udah lewat 2 m init
nagarimagek: wah, ngeri deh..
brian_id2001: perkenalkeun : saya Brian ... saat ini masih menjadi TDB saat ini
nagarimagek: oke, dimulai ya...
eftedpk: mulai pak
fanny_anantha: silaken pak roni
brian_id2001: ehem 2x
nagarimagek: sy harap semua udah baca pengantar dari saya ya...
nagarimagek: jadi, sy gak mulai dari nol lagi..
nagarimagek: ini sekedar sharing dari saya dari seminarnya pak tung dw
nagarimagek: mudah2an sy bisa menyampaikannya dgn baik...
aprisatiani: Oke silahkan Pak roni di mulai
nagarimagek: materi ini cocok utk kita2 pengusaha kelas ukm
nagarimagek: ala street smart, alias show me the money...
afrizal_syafri: yup
nagarimagek: kita gak punya anggaran yg banyak utk marketing, branding dll...
nagarimagek: jadi, ibarat penembak jitu, pelurunya sedikit, harus tepat
sasaran...
eko_juna: *maaf baru berhasil masuk lagi, silahkan dilanjut
nagarimagek: bisnis tidak ada sebelum dilakukan PENAWARAN...
nagarimagek: jadi, yg penting bukanlah kartu nama, kantor yang mentereng,
kecanggihan IT, bahkan bukan juga produk...
nagarimagek: tapi: penawaran...
nagarimagek: semua itu gak ada artinya sebelum anda melakukan penawaran...
nagarimagek: contoh penawaran: saya kasih anda uang, anda kasih saya es krim
afrizal_syafri: ok
nagarimagek: masalah dengan penawaran adalah:
nagarimagek: 1. apa yg anda jual
nagarimagek: 2. berapa harganya?
nagarimagek: 3. kenapa saya harus percaya kepada anda?
nagarimagek: 4. apa untungnya buat saya?
nagarimagek: jadi, kita melihat dari sisi konsumen
nagarimagek: apakah produk yg kita tawaran memenuhi kebutuhan konsumen?
nagarimagek: mungkin kita pernah dengar istilah sensational offer
nagarimagek: sekarang ada tambahan lagi: irresistible sensational offer
nagarimagek: jadi, penawaran yg gak mungkin ditolak
nagarimagek: hanya orang bodoh yang menolaknya..
nagarimagek: hmmm..
nagarimagek: silakan dipikirin, kira2 anda pernah nggak mendapatkan penawaran
spt ini..\
nagarimagek: contohnya saya:
nagarimagek: sy sering ditelpon oleh tele marketing kartu kredit dan selalu saya
tolak
nagarimagek: sy sudah punya dua dan itu pun jarang dipake, alasan saya...
nagarimagek: hampir semuanya mental...
nagarimagek: kecuali yang satu, beberapa wkt lalu
nagarimagek: sy ditelpon oleh citibankg
nagarimagek: citibank
nagarimagek: dia langsung nawarin abonemen telkomsel gratis utk saya...
nagarimagek: sy jadi mikir juga...
noturno_venus: lumayan donk pak
nagarimagek: otak sy mikir, sy kan punya 5 account telkomsel (halo) atas nama
saya..
nagarimagek: hmm, lumayan juga kalo dibayarin...
nagarimagek: ternyata nggak! cuma satu doang!
nagarimagek: akhirnya sy nggak jadi...
brian_id2001: jgn lupa di cek biaya air timenya pak
nagarimagek: sayang sensational offernya gak terlalu hebat
brian_id2001: seyogyanya tdk ada
nagarimagek: tapi, lumayan, bikin saya tertarik
nagarimagek: nah...
nagarimagek: mungkin teman2 ada pengalaman spt ini juga..
nagarimagek: kira2 spt itulah irresistible sensational offer itu...
nagarimagek: contoh lain sdh sy sebutkan di pengantar...
nagarimagek: spt domino's pizza: kalo lewat dari 30 menit, gratis!
nagarimagek: ini dibuktikannya
nagarimagek: bahkan dia sengaja dibuat lambat 1 menit
nagarimagek: dan konsumen dapat gantinya...
digonang: kalo misalnya untuk bisnis laundry: "jika tidak bersih, gratis cuci
ulang" termasuk juga nggak Pak?
nagarimagek: dan ini jadi omongan di mana2...
nagarimagek: iya pak..
eko_juna: pak digonang tunggu dipersilahkan moderator
eko_juna: apakah pak roni sudah selesai ?
nagarimagek: sebentar, pegel dulu nih...
feli_alfalah: %maaf, logout dulu
nagarimagek: tambahan lagi:
nagarimagek: cara memperkuat penawaran anda:
nagarimagek: 1. buat semacam keterbatasan, contoh: hanya utk 50 org pertama,
hanya bulan agustus saja, dsb...
nagarimagek: 2. buat nilai tambah, jadi produknya ada nilai tambah. jangan
standard yg org lain bisa tiru
anaqinabil01: Wahh telat nih...
nagarimagek: 3. risk reversal, orang takut risiko, maka buat jaminan uang
kembali, payment plan (cicilan), free sample (marketing ala narkoba:))
nagarimagek: contoh lain:
nagarimagek: garansi
nagarimagek: pay for result
nagarimagek: free support
nagarimagek: try before you buy...
nagarimagek: 4. kemudahan dalam berbisnis, make it simple, jangan bertele2
purwokowidodo: .
nagarimagek: 5. pricing tactic, mahal dulu baru murah. contoh: harga yg dicoret
nagarimagek: diskon
nagarimagek: rabat
nagarimagek: kupon
nagarimagek: 6. rekomendasi
nagarimagek: udah pak...
afrizal_syafri: hmmm
nagarimagek: materinya cuma segitu2 nya...
eftedpk:
nagarimagek: tapi, kalo dipraktekkan....luar biasa!
nagarimagek: skrg pikirkan, apa yg bisa anda tawarkan...
nagarimagek: yg jelas, tawaran itu tidak boleh rugi, hrs untung...
nagarimagek: makanya, hitungan hrs matang....
nagarimagek: dan selalu lakukan test and measure
nagarimagek: mulai dr yg kecil dulu..uji coba..
agusalis: ocre
nagarimagek: sudah, pak eko...
nagarimagek: wah, boss agus gak usah ikutan! udah master tuh!
nagarimagek: :)
nagarimagek: kok nggak ada yg nanya?
nagarimagek: halow...
noturno_venus: ya
brian_id2001: iya kang roni
agusalis: sorry
brian_id2001: kumaha akang sehat
agusalis: pak eko lagi ngadat line nya
nagarimagek: bisa dibantu pak eko, mbak anria?
agusalis: pindah kamar ya
dhian_kurnia: alhamdulillah kalo dah sehat :d
nagarimagek: pak agus tlg dibantu ya...
dhian_kurnia: mod.. mo pindah kamarkah ?
yuswacom: #-o
parvidia: Kok vacum gini lama ya...
agusalis: ga usah deh
brian_id2001: ini kenapa jadi pada tegang begini
nagarimagek: santai aja..
agusalis: saya invite pak eko
dhian_kurnia: takut dibentak ama moderator "mbak" Anria kali :d
brian_id2001: iya dunk ... sersan aja
brian_id2001: serius tapi santai
noturno_venus: tenang.. tenang..
nagarimagek: tapi, materi tadi masuk akal ya...
nagarimagek: dan bisa langsung dipraktekkan...
agusalis: sebentar yaa
agusalis: sabar
agusalis: moderator lagi diinvite
dhian_kurnia: kayaknya Bos Roni.. ngadat nih :-(
agusalis: oke boss eko silahkan
eko_juna: wah koq error gini ya
eko_juna: silahkan yg mau bertanya
eko_juna: sy list siapa yg pertama ?
eko_juna: kasih tanda [ ? ]
abinummi: test
dhian_kurnia: ok.. test diterima :d
anaqinabil01: emangnya pak roni habis sakit gitu ?
nagarimagek: nggak pak, sy sehat..
eko_juna: ayo siapa yg mau bertanya ?
eko_juna: ttg materi hari ini ?
eko_juna: klo enggak sy nanya nih :)
dhian_kurnia: ?
digonang: ?
eko_juna: silahkan pak
eko_juna: digonang kedua
davidrakhmadi: ?
aprisatiani: **maaf beribu maaf, YM! saya stuck...gak tau yang lain??...**
sampai mana nih?** kok jadi nanya kesehatan?
brian_id2001: kenapa jadi pada tegang yaaa
dhian_kurnia: Pak, kalo penawaran yg pernah dilakukan oleh P Roni sendiri yg ga
mungkin ditolak oleh konsumen apa ??
eko_juna: bukan tegang pak brian tp koneksi error
nagarimagek: sy berikan garansi 30 hari uang kembali..
dhian_kurnia: Dari pengalaman P Roni sendiri
eko_juna: silahkan dhian_kurnia
jati_group: ?
nagarimagek: sejauh ini bisa dibilang sukses...
dhian_kurnia: yg lebih dari itu pak.. ato mungkin yg sekarang masih di "dapur"
?? :d
nagarimagek: masih ada yg di dapur juga..:)
nagarimagek: point2 1, 2, 3, 4.. itu hampir semuanya sudah sy lakukan...
agusalis: ?
nagarimagek: cukup pak?
dhian_kurnia: ok.. silahkan yg lain pak
brian_id2001: kang roni sdh boleh memberikan comment belum nich ?
digonang: bagaimana kalo irresistible sensational offer digabung sama co
branding, misal: jika ada yang memasukkan laundry dengan nilai lebih dari Rb
50.000 akan dapat gratis 1 porsi ketupat sayur padang? kira-kira worth nggak Pak
Rony?
nagarimagek: tanya mod aja..
nagarimagek: di sini kita tidak menilai benar atau salah...
nagarimagek: tapi, bagaimana hasilnya..
nagarimagek: kalau berhasil, ya dianggap benar...
nagarimagek: selalu lakukan test and measure...
agusalis: ?
nagarimagek: yg berhasil di saya, belum tentu berhasil di bisnis anda, yg
penting idenya itu...
feli_alfalah: ?
digonang: berarti dalam hal ini case per case ya Pak?
nagarimagek: iya
nagarimagek: makanya penting test and measure itu
nagarimagek: dan lakukan uji coba dalam skala kecil dulu...
nagarimagek: utk mengantisipasi kerugian yg besar..atau bad publicity..
afrizal_syafri: setuju...
nagarimagek: cukup pak?
digonang: maksud skala kecil itu hanya pada sebagian konsumen saja atao
offer-nya dalam skala lebih kecil?
nagarimagek: bukan, misalnya pasar anda seluruh indonesia...
nagarimagek: anda coba dulu misalnya di 1 propinsi, sbg proyek percontohan
nagarimagek: kalau berhasil, baru dibuat nasional
digonang: baik pak, cukup, silahkan yang lain
nagarimagek: ini beda dgn perusahaan besar, biasanya langsung kampanye scr
nasional...krn anggarannya tdk terbatas.
nagarimagek: lanjut..
eko_juna: silahkan davidrakhmadi
agusalis: /
agusalis: ?
agusalis: pak ron
nagarimagek: pak agus duluan..
agusalis: mau tanya
agusalis: itu 30 hari uang kembali maksudnya
agusalis: gimana ?
eko_juna: silahkan pak agus
agusalis: barang yg sudah dibeli bisa balik
davidrakhmadi: sensational offer vs cost vs customer complain pak
agusalis: kalo udah dipake ?
eko_juna: pak agus silahkan
eko_juna: setelah itu pak dabidrakhmadi lalu jati_group
nagarimagek: iya, bagi yg mau coba produk saya, dalam 30 hari bisa dikembalikan
uang 100%,
nagarimagek: masih pak agus...
nagarimagek: maksudnya pak agus?
agusalis: oo
agusalis: kalo udah dipake gak bisa dibalikin ya pak ??
nagarimagek: di amerika pernah ada, udah dipake bertahun-tahun pun bisa
dibalikin
nagarimagek: dan memang ada yg melakukannya..
agusalis: nah di pak roni bgmn ?
nagarimagek: sy lupa perusahaannya...
nagarimagek: kl saya 30 hari, karena ada itung2annya...
nagarimagek: soalnya, ini bisa jadi bumerang juga...
dhian_kurnia: ** Nike pak.. setahun baju reject diganti baru
nagarimagek: ini tetap terus saya lakukan test and measure..
nagarimagek: kalau membahayakan, ya harus diganti dgn yg lain...
agusalis: iya betul
agusalis: thks
agusalis: saya sdh cukup silahkan yg lain
nagarimagek: lanjut...
davidrakhmadi: sensational offer vs biaya yg timbul + sensational offer vs
customer complain, gimana itu pak itung2annya+ngukurnya?
nagarimagek: ngukurnya ya di profitnya pak...
nagarimagek: jangan sampai merugikan...
nagarimagek: itung2anya silakan dibuat sendiri lah...
davidrakhmadi: test dan measure pak ya??
nagarimagek: contoh: ada bengkel yg ngasih mobil gratis selama mobil kita
diperbaiki
nagarimagek: tentu dia punya itung2annya...
nagarimagek: dan gak rugi
jati_group: pertanyaan yang akan saya ajukan sudah terjawab, giliran saya mohon
dilewat.thx
davidrakhmadi: ok, trims
nagarimagek: silakan yg lain...
eko_juna: ada yg lain krn jati_groups batal nanya :)
eko_juna: ?
nagarimagek: silakan...
eko_juna: klo gitu sy nanya deh
feli_alfalah: ?
nagarimagek: silakan pak eko
eko_juna: prosentase yg menggunakan peluang itu berapa pak roni ?
nagarimagek: maksudnya? yg uang kembali?
eko_juna: feli setelah ini ya
eko_juna: ya
feli_alfalah: %sip
nagarimagek: lumayan juga pak..
eko_juna: ada gak yg memanfaatkan dg kurang baik
nagarimagek: ada juga...
yusuf_ipoenx2001: ?
nagarimagek: ada yg begitu, coba belanja 10 juta, kemudian balik 10 juta...
nagarimagek: ya saya kembalikan...
nagarimagek: no hurt feeling...:)
nagarimagek: jadi, kita juga hrs siap dgn org yg bermaksud kurang baik spt
ini...
eko_juna: punya prosentasenya gak pak, krn kata brad sugar paling yg begitu
hanya 1-3 %
nagarimagek: contoh, liat nggak iklan di rumah makan padang
nagarimagek: iklan sampoerna hijau...
agusalis: ya..ya...ya...
agusalis: pasti ada ya pak
nagarimagek: dia cuma makan pake kuah doang hahaha...
eko_juna: :)
eko_juna: silahkan feli
nagarimagek: iya pak eko, kira2 paling tinggi 10% lah...
nagarimagek: lanjut...
feli_alfalah: ok, saya mau tanya mengenai sample pa
feli_alfalah: sample itu kan kita kasih penawaran kepada calon pelanggan atau
agen, biasanya cuman dikit jarang yang lebih dari 5 pcs
feli_alfalah: biasanya hitungan harganya gimana pa ?
nagarimagek: sample gratis? sy nggak sarankan...
nagarimagek: kecuali utk makanan...
feli_alfalah: bukan gratis :d
feli_alfalah: misal untuk garmen spt manet
nagarimagek: ooo
feli_alfalah: penawaran kpd agen dll
feli_alfalah: yup
nagarimagek: ya, tetap hrs untung pak...meskipun tipis...
nagarimagek: tetap pakai logika show me the money..
blinxsatan: ?
nagarimagek: silakan...
feli_alfalah: berarti setipis harga agen ya pa
feli_alfalah: bisa spt itu ?
eko_juna: jika pak feli sudah selesai silahkan blixsatan
nagarimagek: ini agak teknis ya pak...
nagarimagek: soalnya variabel lain jg hrs dihitung...
feli_alfalah: o, ic, :d yup, lanjt di privat aja pa
nagarimagek: oke, lanjut....
blinxsatan: assalamu'alaikum pak roni
eko_juna: silahkan blinxsatan
blinxsatan: saya mo tanya
blinxsatan: pak roni lebih menitik beratkan kemana penawaran tersebut
blinxsatan: ke agen
blinxsatan: ke konsumen
blinxsatan: ato ke sales
nagarimagek: kalau saya ke agen, otomatis juga ke konsumen...
anaqinabil01: pertanyaan pak eko di hide pak ya
nagarimagek: cukup pak?
blinxsatan: jadi lebih memberikan kesempatan ke agen untuk improvisasi ya
nagarimagek: iya..
blinxsatan: dalam bentuk apa pak ??
nagarimagek: maksudnya?
blinxsatan: bonus akhir bulan ato diskon ke agen ??
anaqinabil01: jadi kurang nyambung nih...:)
blinxsatan: ato semacam kejutan ke agen ??
nagarimagek: ooo, dalam konteks uang kembali, tentunya akan dikembalikan ke
konsumen melalui agen...
edieskurniawan: ? Assalamu'alaikum Mods, mo nanya nih:)
eko_juna: pak edi sebentar ya
blinxsatan: semacam refund ke agen ??
nagarimagek: iya...
blinxsatan: yang dihitungberdasarkan banyaknya barang yg keluar ??
nagarimagek: berdasarkan pembeliannya pak
nagarimagek: kalau dia belanja 1 juta, ya dikembalikan 1 juta...
blinxsatan: klo dalam bisnis pak roni adakah fungsi Sales yg juga berperan
penting ??
nagarimagek: sales sy adl para agen itu..
nagarimagek: jelas penting pak..
blinxsatan: ooooo...
nagarimagek: :)
nagarimagek: mungkin cukup ya pak...
eko_juna: cukup blinxsatan ?
eko_juna: silahkan pak edu
eko_juna: edi
blinxsatan: jadi pak roni punya margin keuntungan yg sangat besar ya :D
nagarimagek: :D wah, jangan gitu dong ah...ini rahasia perusahaan...:D
blinxsatan: hehehehehe...
blinxsatan: ya udah saya cukupka dulu
eko_juna: :) halo pak edi silahkan pak
blinxsatan: tks pak roni
agusalis: =D>
blinxsatan: silahkan pak eko
nagarimagek: giliran pak edi ya...
edieskurniawan: Pak Roni, kalo penjualan secara langsung pembeli kan bisa
langsung membuktikan sensasional offer yg kita tawarkan, nah kalo secara online,
sy sendiri kalo dpt menawaran yang ada embel2 BONUS, GRATIS, BEBAS, GARANSI dll
deh kok malah curiga yah jangan2 ini penipuan, pertanyaannya bagaimana
menerapkan online irresistible sensasional offer, yg tdk buru2 dicurigai
penipuan soalnya customer kan harus transfer uang dulu sebelum membeli?
eko_juna: ada yg lain selain pak edi yg ingin bertanya ?
nagarimagek: itu dia...
eko_juna: ups sori lanjut
nagarimagek: selain itu semua, org jg hrs percaya sama kita...
nagarimagek: hrs dibangun kepercayaan...
nagarimagek: contohnya, wkt sy bikin online, sy gandeng pak tung..otomatis org
jd percaya..
febbyrudiana: halo...maaf baru join
nagarimagek: di setiap seminar, pak tung ngomongin manet...jadi tambah
dipercaya...
anaqinabil01: Pak Roni... pertanyaanya mana nih .... koq cuma jawaban dari Pak
Roni sih
nagarimagek: ym-nya error mungkin pak..
nagarimagek: kadang orang menggunakan sertifikat utk kepercayaan, ijazah, surat
ijin, prestasi, testimony, dll...
nagarimagek: gimana pak edi?
nagarimagek: halow?
edieskurniawan: % ia Pak, tips unt building trust ini penting lho...
nagarimagek: gini aja pak, pake logika aja...
emasestu: % ato nama : warung barokah, senyum muslim,
nagarimagek: di antara org yg gak percaya, pasti juga ada yg percaya...
penk_deui: sorry
alfayed_2000: % ? tanya pak ...
nagarimagek: tentu saja kita tetap harus bangun nama, utk kepercayaan itu...
agusalis: sbtr pak alfayed
edieskurniawan: ? sama satu lagi Pak, gimana tips2 membuat sensasional offer yg
dahsat? apa perlu dibuat lomba ya Pak?
nagarimagek: wah, itu pake otak kanan aja pak..
eko_juna: pak edi udah cukup ? ada yg lain ingin bertanya ?
nagarimagek: biarkan ide2 gila muncul...
alfayed_2000: ? tanya pak ...
nagarimagek: silakan...
eko_juna: pak edi spt nya belum
eko_juna: setelah ini alfayed
nagarimagek: gimana pak edi?
agungkuswanto: ? tanya pak, kalau joinnya telat- tlong arsipnya di share ya...:)
edieskurniawan: %pertanyaan sy cukup Pak, tinggal nunggu jawaban aja :)
nagarimagek: silakan minta ke pak eko aja pak agung...
nagarimagek: belum terjwb ya pak?
nagarimagek: contoh2nya sdh sy sampaikan di pengantar conference via milis..
eko_juna: silahkan alfayed utk bertanya
nagarimagek: caranya, kita menempatkan diri dari sudut pandang konsumen...
nagarimagek: apa yg dipikirkanya, apa yg dikhawatirkannya...
alfayed_2000: pak roni, bagaimana cara mengatasi agar sensasional offer tidak
menjadi blunder bagi bisnis kita ?
nagarimagek: itu dia pak..
nagarimagek: lakukan test and measure, lakukan uji coba dalam skala yg kecil,
jgn terburu-buru...
nagarimagek: soalnya, bisa rugi, kalau tidak cermat...
eko_juna: maaf sptnya td sudah dijawab : tes en measure dan ada huting2 annya
eko_juna: :)
nagarimagek: iya...
eko_juna: tp silahkan klo pak roni ada yg indin ditambahkan
nagarimagek: mungkin itu aja ya..
nagarimagek: yg penting ilmunya dipraktekkan...
nagarimagek: jangan pake otak kiri aja...
alfayed_2000: ? oh .... maap maap , arsipnya di share ya bos kalo gitu, saya
telat ikut conf.nya :D
eko_juna: gpp pak
eko_juna: :)
eko_juna: pak roni ingin menambahkan atau ada yg lain yg ingin bertanya ?
nagarimagek: materinya cuma segitu aja kok pak...gak banyak...
nagarimagek: yang banyak adalah prakteknya...
nagarimagek: ini cuma sekedar AHA saja, selebihnya terserah anda...
eko_juna: sy lg deh
alfayed_2000: ? tanya lagi kalo boleh ...
nagarimagek: pak eko dulu, kmd pak iwan...
eko_juna: pak roni punya list contoh ttg hal ini ya ?
eko_juna: perusahaan2 yg menerapkan hal ini maksudnya
nagarimagek: kan sudah sy sampaikan di pengantar...
nagarimagek: tapi contoh di luar negeri..
nagarimagek: kalau di indonesia apa ya...
eko_juna: silahkan pak
eko_juna: alfayed
brian_id2001: punten 2x teman ... saya pamit dulu ... mau sholat ashar ...
assamualaikum wr wb ... terima utk kang roni dan moderator atas undangannya ...
nagarimagek: sama2 pak..
nagarimagek: silakan pak iwan alfayed...
nagarimagek: halow?....
alfayed_2000: pertanyaan saya sama dengan pertanyaan bos eko barusan .. :D +
satu lagi : apakah sensasional offer itu bisa tidak rasional pak ?
nagarimagek: hmmm...kalau diback up dgn perhitungan yg matang, sy rasa sih
rasional pak...
febbyrudiana: % building trust sangat perlu di dunia online
nagarimagek: cuma, cara penyampaiannya hrs menyentuh emosional..
nagarimagek: iya, bu febby, td sudah kita bahas...
febbyrudiana: selain testimoni, alamat jelas & no.kontak yg bisa dihubungi juga
sangat menunjang
eko_juna: silahkan pak roni untuk menjawab pertanyan alfayed
nagarimagek: ada contoh menarik dari pak tung...
nagarimagek: dia menjual seminar seharga 900 ribu, kemudian ditawarkan bagi yang
daftar sampai tgl tertentu cukup bayar hrg yg sama dan bisa datang berdua...
nagarimagek: ini kan sama aja diskon 50 %!
nagarimagek: cuma cara penyampaiannya yg beda...
nagarimagek: secara rasio, ini diskon 50%, secara emosional, org mrs lebih murah
krn bisa datang berdua...
nagarimagek: bagaimana pak alfayed?
nagarimagek: halow?..
nagarimagek: kok pada diem? error lagi ya?
agungkuswanto: ?? sory, lagi error ya???
blinxsatan: iya error nih pak
febbyrudiana: iya nih...koq sepi ya...:-/
nagarimagek: :(
siskatk: ;)) kita lagi nungguin jawaban pak Roni
blinxsatan: pertanyaan pak alfayed dan pak eko blom dijawab
nagarimagek: oooo
nagarimagek: udah sy jawab pak.. dari tadi...:(
nagarimagek: sy posting lagi deh..
agusalis: alo
agusalis: pak eko
anaqinabil01: kirain punyaku aja yg error...semua to ...
blinxsatan: wah berarti ga muncul nih jawabannya
nagarimagek:
Iwan Alfayed: pertanyaan saya sama dengan pertanyaan bos eko barusan .. + satu
lagi : apakah sensasional offer itu bisa tidak rasional pak ?
Roni Yuzirman: hmmm...kalau diback up dgn perhitungan yg matang, sy rasa sih
rasional pak...
wethree_46 has joined the conference.
Febby Rudiana: % building trust sangat perlu di dunia online
Roni Yuzirman: cuma, cara penyampaiannya hrs menyentuh emosional..
Roni Yuzirman: iya, bu febby, td sudah kita bahas...
Febby Rudiana: selain testimoni, alamat jelas & no.kontak yg bisa dihubungi juga
sangat menunjang
Eko Junaedi: silahkan pak roni untuk menjawab pertanyan alfayed
Roni Yuzirman: ada contoh menarik dari pak tung...
Roni Yuzirman: dia menjual seminar seharga 900 ribu, kemudian ditawarkan bagi
yang daftar sampai tgl tertentu cukup ba
agungkuswanto: belum ketrima kayaknya...
nagarimagek: bisa diterima dgn baik?
nagarimagek: test... bisa terbaca?
blinxsatan: yup udh dapet pak roni
blinxsatan: udah bisa kok
agungkuswanto: sudah
nagarimagek: udah dibaca pak iwan?
blinxsatan: klo gitu boleh saya tanya lagi ??
nagarimagek: silakan...
blinxsatan: kira2 bagaimana hierarki sistem distribusi dari pak roni sampe ke
konsumen ??
nagarimagek: wah ini di luar topik, mungkin tdk bs jawab di sini..
alfayed_2000: sudah pak ... ? bisa diberikan contoh penyampaian yg menyentyuh
emosional itu seperti apa pak
alfayed_2000: sudah pak ... ? bisa diberikan contoh penyampaian yg menyentyuh
emosional itu seperti apa pak ...
nagarimagek: tadi udah pak. dari seminar pak tung, bayar penuh, tapi bisa datang
berdua, ini sama sj dgn diskon 50%...
nagarimagek: emosional: datang berdua, bisa dgn pasangan dsb...
agusalis: yg lain gimana ?
blinxsatan: mungkin ini akan berhubungan dengan penawaran unutk para agen bapak
nagarimagek: itu tadi, garansi 30 hari uang kembali, secara emosional, ini
mengurangi risiko bagi pembeli...
nagarimagek: secara emosional, org menghindari risiko...
nagarimagek: kira2 begitu pak...
agungkuswanto: ? apa ada yg benar2 mengembalikan barang sebelum 30 hari pak?
nagarimagek: banyak pak:)
agungkuswanto: ? seberapa sering ?
agungkuswanto: hehehe
blinxsatan: oooo...
alfayed_2000: ic ic ... berarti ada resiko penumpukan barang ya pak, utk
melempar brg yang dikembalikan gmn pak ? ada cara atau kiat lain ?
nagarimagek: makanya sy katakan, hrs test and measure, hitungan hrs matang,
jangan jadi bumerang...
blinxsatan: dengan banyaknya yg retur, apakah pak roni tidak takut dengan
kualitas manet ??
yusuf_ipoenx2001: % ini karena barang reject atau memang sudah dipakai dan tidak
suka modelnya pak :-)
eko_juna: ok waktu tinggal 17 menit lagi :)
nagarimagek: nggak pak, produk sy dibuat di pabrik yg biasa eksport...
nagarimagek: jadi bukan soal barang reject...
blinxsatan: satu lagi pak roni...
nagarimagek: biasanya sih krn produk sy mahal...
nagarimagek: silakan..
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake
dalam industri garment ??
yusuf_ipoenx2001: yang biasanya dibalikin soal apa pak?..Gak suka
modelnya?..Tapi klo sudah dipakai bisa dibalikin juga ya?..
nagarimagek: sy kurang tahu pak....
yusuf_ipoenx2001: Lho klo produk mahal knp pas pertama beli ya pak?..
nagarimagek: sy nggak tau, itu bagian dari risiko saya...
nagarimagek: namanya manusia pak, kan ada aja alasannya...
nagarimagek: yg penting di kitanya...
nagarimagek: contoh, seminarnya pak tung lagi...
yusuf_ipoenx2001: Tapi klo udah dipakai gak bisa dibalikin pak?..
nagarimagek: ada garansi uang kembali juga...
nagarimagek: ternyata ada yg minta kembali...alasannya dia dibiayai oleh
kantor..
blinxsatan: apakah sensational offer yg pak roni berikan banyak juga dipake
dalam industri garment ??
nagarimagek: jadi kalau uangnya dikembalikan, akan masuk kantong dia...
nagarimagek: sy lihat belum pak...
nagarimagek: tapi, di metro sudah diterapkan juga...
nagarimagek: metro dept store...
blinxsatan: jadi masih inovasi sendiri ya pak
nagarimagek: kalau di amerika sudah umum pak..
nagarimagek: bahkan tanpa batas waktu, kapan pun...
agusalis: maaf saya off dulu
blinxsatan: nah klo sudah umum kira2 apalagi yg bisa diberikan ya ....:D
blinxsatan: biar jadi pembeda dari yg lain ??
nagarimagek: :D be creative aja...
blinxsatan: hehehehehe....
nagarimagek: otak manusia itu punya kemampuan tanpa batas...
alfayed_2000: "beli 1 dapet 2" , " diskon 70% sblm tgl xx/xx/2006", "gratis
umroh utk pembeli ke 1000", kurang lebih seperti itu ya pak ...
nagarimagek: yup...
nagarimagek: dateng ber 4 cukup bayar 2...
nagarimagek: kunjungan ke 6 gratis...
blinxsatan: yup...
nagarimagek: 10 menit lagi mau closing ya...
blinxsatan: terus terang saya masih ke arah harga yg paling murah untuk produk
saya
agungkuswanto: ada buku2, website2 yg kasih contoh2 iso ini gak pak roni?
blinxsatan: jadi blom ke arah sensational offer
nagarimagek: oya, ada yg terlupa...
blinxsatan: apa tuh pak roni
nagarimagek: marginnya harus menutupi pak...
alfayed_2000: "belanja 10jt, free business coach with badroni yuzirman" ... :D
nagarimagek: kalau marginnya tipis, berbahaya...
blinxsatan: yaa...itu yg paling 'pusing'
nagarimagek: ada yg cerdik pak, carrefour...
nagarimagek: "ada yg lebih murah? kami ganti selisihnya"
blinxsatan: saya ingin merangkul sales, agen, maupun konsumen
nagarimagek: padahal berapa sih selisihnya? hahaha...
alfayed_2000: minimal margin berapa % pak ? apa tergantung dari sensasional
offer kita atw ada hitung2an lain ?
nagarimagek: sekarang lebih sensational lagi: "kami ganti selisihnya 2x lipat"
eko_juna: ok waktu tinggal 8 menit lagi
blinxsatan: oooo..gitu ya...
nagarimagek: sy belum punya referensi utk produk yg marginnya tipis..
blinxsatan: jadi masih bisa diambial dari profit kita
nagarimagek: tapi, tetap cara ini bisa dipraktekkan...
blinxsatan: kebanyakan barang komiditi pak
nagarimagek: ya itu tadi, be creative...
nagarimagek: mulai dari sudut pandang konsumen...
blinxsatan: oke...
nagarimagek: biasanya, kalau margin tipis, konsumen jg nggak minta yg macam2...
nagarimagek: mrk juga tau kok...
blinxsatan: tapi bisa jadi dicap barang murahan hehehehehe...
nagarimagek: oke, closing ya....
blinxsatan: apalagi klo lagi mo branding
nagarimagek: sy kira itu yg bisa sy sampaikan...
nagarimagek: mudah2an bermanfaat...
blinxsatan: terima kasih pak roni
nagarimagek: ini bukan soal teori benar salah...
fanny_anantha: terima kasih pak ronny
nagarimagek: tapi ini sudah berlaku umum, cuma kita sering tidak sadar...
nagarimagek: ini bukan ilmu baru...
alfayed_2000: Jakakumulloh khoiron katsiro pak roni .... =D>
nagarimagek: katanya, alm ayahnya pak hadi juga melakukannya...sebelum indonesia
merdeka dulu...
nagarimagek: jazakalallah khair...
nagarimagek: jazakallah...
nagarimagek: kurang lebihnya saya mohon maaf...
nagarimagek: utk selanjutnya, mungkin ada di antara kita yg juga punya sesuatu
yg bisa disharing kepada teman2, saya persilakan...
aprisatiani: =D>*buat pak rony
nagarimagek: jangan disimpan aja ilmunya... dibagikan....jadi amal...insya
Allah...
davidrakhmadi: =D>
nagarimagek: terima kasih...
dhian_kurnia: =D>
aprisatiani: =D>=D>*buat saya yang cuma dapet awal sama buntut nya doank:((**
nagarimagek: wassalamu'alaikum wr wb...
agungkuswanto: =D>
the_shadow_insight: =D>
afrizal_syafri: ?
agungkuswanto: saya off dulu...makasih semua nya...
blinxsatan: =D>
noturno_venus: walaikum salam=D>
eko_juna: wa'alaikumsalam
eko_juna: dengan ini conference sy tutup
eko_juna: silahkan bagi yg masih ingin chat :)
anaqinabil01: Thanks pak & salam sama Pak Haji
blinxsatan: terima kasih banyak pak roni semoga membawa pencerahan buat bisnis
saya
blinxsatan: :D
alfayed_2000: amin ...
alfayed_2000: pak eko, arsipnya di share yaaa ..... pak eko baek dech
alfayed_2000: :)
davidrakhmadi: WWW .. maksih pak roni, maksih pak moderator, makasih semua :)
noturno_venus: iya donk pak eko.. saya telat tadi
parvidia: Terima kasih pak Rony atas sharingnya, semoga bermanfaat.