Keep Moving Forwad


Assalamu'alaikum wr. wb.

"Around here, however, we don't look backwards for very long. We keep moving forward, opening up new doors and doing new things ... and curiosity keeps leading us down new paths." - Walt Disney


Biasa, tiap weekend saya dan keluarga menyewa VCD Original untuk anak2. Selain untuk menciptakan kebersamaan, juga sedikit mengajarkan tentang berbagai hal. Bisa film kartun umum maupun Islami. Kenapa film ? karena saya koq merasa bisa lebih masuk ke pikiran mereka, belajar sambil bermain en bermain sambil belajar. Edutainment. Tentu film yang sudah lulus sensor versi saya baik materi maupun peruntukkan usianya.

Kali ini film yang kami tonton berjudul Meet The Robinsons.

Intinya bercerita tentang seorang anak super jenius yang yatim piatu dan selalu ditolak oleh calon orang tua asuh. Penolakkannya justru karena kejeniusannya yang bikin repot karena selalu memamerkan alat penemuan terbarunya yang beberapa kali gagal dan bikin runyam suasana wawancara.

Namun kemudian karena suatu kejadian, ia bertemu dengan seorang teman baru dari masa depan, yang datang ke-masa-nya untuk mencegah kejadian buruk !. Dan di masa depan, ternyata ia adalah seorang pengusaha sekaligus inovator ulung yang sukses.

Selain pelajaran setia kawan, kepercayaan dan kekeluargaan, pelajaran paling menarik yang bisa dipetik disini adalah sebuah kalimat yang selau digemborkan dan menjadi motto perusahaannya dimasa depan tersebut dan juga ternyata menjadi motto dari orang sukses dunia, Walt Disney. Kalimat itu adalah : Keep Moving Forward.

Dalam suatu kejadian di masa depan, ia mencoba memperbaiki suatu alat dan ternyata gagal. Namun apa kata semua orang disana ? Great ! Excelent ! Bravo !. Mereka bilang : failure is nice. Jika kita gagal maka ada kemungkinan akan menemukan yang lebih baik selama tidak menyerah, justru kesuksesan yang akan membelenggu kita untuk terus berinovasi ... so keep moving forwad !

Berikut petikan dialog menarik dalam film tersebut :

Uncle Gaston: If I gave up every time I failed, I would have never invented the meatball cannon.

Grandpa Bud: If I gave up every time I failed, I would never have invented my fireproof pants!

Together : Keep moving forward !

Saya pernah mendengar idiom : orang gagal bukan karena ia mengalami kegagalan tapi karena ia tidak bangkit dari kegagalannya tersebut.

Jadi, pelajarannya yang bisa saya berikan ke ananda tercinta :
cobalah, gakpapa, papa gak akan marah, papa akan selalu disini melihat kalian dari jauh, jangan lekas minta bantuan ya, semoga kalian langsung mengerti kenapa papa bilang lebih baik maen mobil2-an daripada korek api itu karena setelah kalian merasakan panasnya maka itulah maksud papa, panjatlah, bergulinglah, bantinglah, berteriaklah, berayunlah, belepotanlah, campurlah sirop dengan pasir, gambarlah buah jeruk berbentuk kotak, warnai daun di pohon dengan biru dan langit dengan hijau, coretlah kakimu dengan pulpen, lukalah setelah naik sepeda, taburkan bedak ke rambut, dengan begitu kalian belajar, dengan gagal dan menghadapi masalah kalian belajar, dengan melakukan hal aneh menurut orang kalian belajar, dan dengan begitu Insya Allah kalian akan menjadi kreatif dan sukses.

Semoga bermanfaat. :)

Wassalam.
-Eko June-

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post