Momentum



Assalamu'alaikum wr. wb.

Zhuge Liang, sang ahli strategi perang terkenal dari Cina, terus menatap langit malam itu. Sementara di sebelahnya beberapa perwira dan penasihat kerajaan terlihat cemas. Ya, saat itu mereka semua sedang menantikan suatu kejadian alam yang akan menentukan kemenangan mereka dalam peperangan laut yang sedang berlangsung. Mereka merencanakan membakar semua kapal musuh, namun sangat tergantung dari perubahan arah angin sehingga nantinya api akan mudah menyebar, membakar dan sulit dipadamkan.

Dan akhirnya perubahan angin itu benar2 terjadi yang akhirnya membuat pasukan mereka menang telak. Sebagai ahli strategi, aoa yang dilakukan Zhuge Liang adalah memanfaatkan momentum atau situasi yang sudah ia ketahui sebelumnya baik lewat pengetahuan yang ia pelajari maupun dari pengalamannya selama ini. Ia membaca alam.

Dalam usaha, seringkali seni memanfaatkan momentum atau situasi ini berperan penting dalam kesuksesan.

Umpamanya, kesuksesan mobil2 besutan Jepang diawal-awal kemunculannya yang bisa menggerus dominasi mobil US dan Eropa. Banyak dari para pengamat ekonomi menyatakan hal ini bisa terjadi karena ketika itu pas momentum krisis energi yang membuat pemerintah dan orang2 harus berhemat BBM. Datangnya mobil2 produksi Jepang yang hemat energi, desain kompak, kualitas tinggi dan pelayanan purna jual yang mumpuni telah sukses menarik perhatian pembeli dengan hasil penjualan yang luar biasa.

Mereka berhasil memanfaatkan momentum dan situasi.

Dalam skala yang lebih kecil, kita telah mahfum adanya momentum2 dimana biasanya terjadi peak season, contoh lebaran. Banyak jenis usaha memanfaatkan momentum dan situasi ini. Dari mulai garmen, makanan sampai bengkel kendaraan bermotor. Khusus gramen sampai2 ada analisa bahwa omset satu tahun, 60-70% nya ada di momentum lebaran ini. Luar biasa.

Hingga banyak dari para pelaku yang memanfaatkan momentum dan situasi lebaran ini bela2-in berhutang jangka pendek agar bisa memenuhi stok untuk mengantisipasi lonjakan pemintaan yang tinggi.

Tentu memanfaatkan momentum ini jangan sampai melalaikan kita pada ibadah terutama puasa dan tarawih di bulan Ramadhan.

Dalam skala yang lebih kecil lagi, ada momentum bulanan yang ditunggu pemilik usaha, seperti toko yang saya miliki dan www.jilbab-balita.com, yaitu gajian. Tanggal 1 dan 25 adalah tanggal ketika grafik penjualan tiba2 naik.

Baru beberapa hari kemarin ada yang berminat menjadi agen di Sulawesi untuk produk jilbab balita dan satu perkataan diucapkan 'saya mau belajar usaha pak, mumpung lagi ada gaji ke 13'. Oh ternyata PNS sedang dapat bonus toh hehe.

Jadi mari buka mata dan telinga kita untuk menangkap momentum dan situasi. Terus bersilahturahim dan berani menjalani aksi2, jangan takut berbuat salah, sehingga pengalaman akan terus bertambah.

Ada satu ungkapan menarik terkait dengan pengalaman (experience).

What is the secret of success ?
RIGHT DECISION

How to make right desicion ?
EXPERIENCE

How to get experience ?
WRONG DECISION

Hehe. Seperti ketika kecil kita selalu berani berbuat kesalahan namun dari sanalah pengetahuan dan pengalaman dengan cepat didapat.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Wassalam.

-Eko June-

085716006676
ym : eko_juna
fb/twitter : ekojune

www.jilbab-balita.com
www.agencireng.com

anda tidak perlu hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

1 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post