Convertion Rate

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

Sebagai pembuka tentang 5 Ways To Increase Profit dari Brad Sugar ya rekan2 MM Azzam Barokah

Sebagian besar dari kita sebagai pengusaha sudah tahu mengenai Leads. Leads adalah bagiamana mengajak orang untuk melihat dan mengunjungi usaha kita baik offline (toko) maupun online. Strategi mendapatkan banyak leads sederhananya adalah bagaimana mempromosikan usaha kita. Sebar brosur, pasang pamflet, muncul di media (talkshow radio, liputan majalah dan TV), yellow pages, iklan baris, facebook, direct selling, telemarketing, billboard, stiker di mobil, kartu nama, bazaar dan pameran, getok tular atau mulut ke mulut adalah sebagian dari puluhan bahkan ribuan cara mendapatkan leads.

Intinya, bagaimana orang 'ngeh' sama usaha kita.

Nah, sekarang, bagaimana setelah orang sadar dan tau tentang usaha kita lalu mereka mau membeli. Disinilah point 'convertion rate' dimaksud. Bagaimana mengkonversi orang yang tau dan kemudian datang ke usaha kita mau melakukan transaksi.

Hal penting yang membuat para Leads bertranformasi menjadi transaksi adalah 'rasa percaya'. Untuk usaha online karena faktor kepercayaan ini lebih utama karena orang Indonesia masih lebih percaya jika sudah pegang barangnya maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan ada dua point :

1. Bagaimana mereka percaya dengan kita

Branding jelas memberi peran penting. Kita akan mudah percaya terhadap usaha dan produk yang sudah branded. Mendapatkan brand yang baik butuh waktu dan usaha, baik untuk corporate brand maupun personal brand.

Memasang semua kontak yang bisa dihubungi akan mempermudah pelanggan berkomunikasi dengan kita dan menambah kepercayaan mereka. Telpon, email, ym, facebook, twitter adalah kontak yang bisa dimasukkan dalam web kita. 'Online behaviour harus ada dalam diri pelaku usaha online' kata pak Nukman Lutfie, seorang praktis online bussiness.

Dalam '5 Ways to Increase Your Profit' nya Brad Sugar salah tiga-nya adalah :
a. make it easy to buy, permudah pelanggan untuk belanja, get user friendly web design
b. stay in touch, permudah pelanggan berkomunikasi
c. factory site tour, memiliki alamat toko offline meningkatkan rate kepercayaan pelanggan apalagi jika klien besar yang bisa melakukan site visit, lebih mantap

2. Bagaimana mereka percaya dengan produk kita

Seperti diungkapkan diatas, bagaimana membuat orang Indonesia yang masih banyak mementingkan bisa memegang, merasakan dan menyentuh barang yang mau dibeli, agar bisa melakukan transaksi di toko online kita.

Masih dalam '5 Ways to Increase Your Profit' nya Brad Sugar salah lima-nya adalah :
a. try before you buy, paket sample adalah contoh terbaik orang terutama calon reseller untuk mau membeli
b. guarantee, apalagi jika ada garansinya seperti 'uang kembali jika tidak sesuai keinginan'. dijamin banyak order :)
c. before-after look, klo produk kita itu untuk diet, foto sebelum dan sesudah mengkonsumsi sangat baik
d. testimonial, kesaksisan orang yang puas menggunakan produk kita, asal jangan ngasal
e. packaging, kemasan yang menarik jelas meningkatkan keinginan orang untuk membeli, dalam hal usaha online mungkin foto produk ya, dengan foto menarik dan berkualitas bagus maka orang akan percaya, balik lagi asal jangan ngasal

Itulah beberapa cara yang disarankan untuk mendapatkan convertion rate yang tinggi. Semakin tinggi rate semakin baik. Dari 1000 orang yang mengklik web kita dan 500-nya terjadi transaksi jelas sangat bagus, rate-nya 50%. Dapat 10-15%-nya aja udah luar biasa bagus.

Masih banyak cara yang disampaikan seperti memberikan bonus, lalu utamakan 'word of promotion' yang emosional, berikan jenis paket sehingga lebih murah, mengijinkan adanya DP, bisa tukar tambah dll.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Wassalam warrahmatullahi wabarrakatuh

-Eko June-

www.jilbab-balita.com
www.agencireng.com

085716006676
ym : eko_juna
fb/.twitter : ekojune

anda tidak perlu hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post