Sisi Lain Acara Bukber dan Santunan TDA Bekasi

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh



Alhamdulillah acara buka bersama dan santunan kepada anak yatim yang diselenggarakan TDA Bekasi berlangsung dengan lancar, penuh khidmat dan keceriaan. Ya, ceria. Inilah yang menjadi tema sentral acara kemarin, 'ceria bersama anak-anak'. Bahkan panitia tidak mencantumkan kata 'anak yatim'. Hanya anak-anak, yang butuh keceriaan.

Sejak tahun lalu, pada acara yang sama, panitia tidak ingin menganggap mereka sebagai objek semata tapi subjek yang menjadi pelaku dan sumber yang harus benar2 merasakan keceriaan. Rangkaian acara disusun berdasarkan keinginan untuk membahagiakan dan melibatkan mereka. Brilian, salut untuk panitia.

Dari mulai permainan oleh Ketua TDA Bekasi, pak Erry Priyambodo yaitu menanyakan siapa yang ingin hadiah, dan hanya tiga anak yang langsung maju mengambil hadiah ditangan beliau, sehingga diberikan pelajaran bahwa kesuksesan itu jangan hanya 'ingin' tapi juga perlu aksi untuk mencapainya.


Erry Priyambodo, Ketua TDA Bekasi membuat game

Lalu dilanjutkan dengan tausyiah oleh da'i cilik, dari usia yang sama dengan mereka sehingga diharapkan mereka bisa termotivasi untuk mencapai prestasi yang sama atau malah lebih.


Aksi Kiki, da'i cilik dari Pildacil

Akhirnya acara utama menampilkan Kak Bimo, seorang story teller alias pendongeng nasional yang sengaja didatangkan dari Jogja untuk semakin menyemarakkan suasana dan membuat mereka bergembira sekaligus mendapat tausyiah dari dongeng Islami yang dituturkan. Gedung Islamic Centre Bekasi menjadi gegap gempita bergemuruh penuh tawa, teriakan bahagia dan tepukan tangan dari kurang lebih 600 anak2.


Aksi Kak Bimo, larut bersama anak2


Anak2 tak mungkin tak tertawa melihat penampilan Kak Bimo seperti ini 




Antusiasme anak2 dan gelak tawa yang tidak hanya milik mereka tapi juga para orang dewasa

Terlihat diantara senyum dan tawa para hadirian, undangan serta panitia, terselip rasa haru dan bahagia meliat keceriaan mereka, minimal bisa membantu sedikit melupakan jikalau ada rasa sedih atau kejenuhan dalam mengarungi kehidupan ini. Keceriaan yang mereka terima melebihi rasa bahagia ketika menerima santunan yang mungkin selama ini, jika Ramadhan menyapa, kerap sudah biasa mereka terima.

Sengaja panitia lebih menitikberatkan pada sisi acara yang memberikan keceriaan, dengan harapan mereka bisa mengingat, bahwa masih ada orang2 yang siap menceriakan hidup mereka. Walau acara yang sesaat namun semoga bisa membekas lebih lama lagi dalam hati mereka. Bingkisan berupa tas sekolah, peralatan belajar dan buku2 serta selipan uang dalam amplop turut diberikan.



Dan bantuan berupa buku dan majalah anak2 yang akan diberikan setiap bulan kepada yayasan2 semoga bisa melengkapi kebutuhan mereka. Sekaligus menjadi komitmen awal bahwa acara seperti ini Insya Allah bukan hanya untuk bulan Ramadhan tapi bisa menghiasi hari2 ceria mereka selanjutnya. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjaganya. Amin.

Akhirnya acara ditutup dengan berbuka puasa bersama. Tersedia beragam macam makanan, yang sekali lagi, mencerminkan keceriaan bagi mereka yaitu : es krim !. Penganan yang sangat akrab bagi anak2 ini mendampingi sajian lain berupa kolak, buah2-an, minuman jus dan paket nasi plus lauk ayam tepung bak Mc'D. 

Semoga kita semua bisa berjumpa lagi di lain kesempatan ya anak2. Dan semoga kalian selalu ceria dan bahagia serta dalam lindungan-Nya. Amin ya rabb.

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

-Eko June-

2 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post