Garansi

#wiRABUsaha

Garansi

Foto ini bukan saya lagi dapet undian berhadiah, atau reward pencapaian posisi MLM ya, apalagi kado ultah.

Tapi dapat penggantian TV baru seri terbaru untuk klaim garansi servicenya. Bisa jadi karena saking susahnya dibenerin tuh tipi yg lebih lama serinya, atau udah gak ada spare part nya. Entahlah, saya gak nanya karena terlalu excited *norak :)

Ngomongin garansi jadi ingat Kerangka Bisnisnya kang Brad Sugar. Garansi sebagai strategi naekin convertion rate, yaitu keputusan orang untuk akhirnya beli produk atau pake jasa kita.

Garansi meniadakan keraguan orang. Toh dibenerin ntar klo rusak seperti kasus saya tadi. Toh diganti uang ntar klo gak cocok (money back guarantee) untuk ikut seminar anu.

Garansi bikin tenang, mengurangi resiko, bikin berani untuk nyoba, bisa jadi keunikan kita (USP), juga jadi bukti klo produk/jasa kita keren, bahkan bisa nyiptain impulse buying alias yg tadinya gak niat beli, jadi beli.

Garansi harus bisa nyentuh faktor ketakutan orang itu apa. Untuk kuliner jelas rasa. Tukang cukur ya penampilan. Ada yg 'gratis minum apa aja klo gak pedas'. Atau 'gratis cukur berikutnya klo gak ada yg bilang lebih cakep' hehe.

Ntar klo cuma dimanfaatin aja gimana ?. Cuma nyari gratisannya. Kang Brad bilang klo beneran ada yg begitu paling banyak 3%. Kang Brad, klo disini bisa 12% hahaha *canda

Tapi emang akan kecil, apalagi disini budaya timur untuk malunya masih tinggi, ewuh pakewuh, dan suka gak mau ribet. Belum klo ada pembatasan seperti jangka waktu, syarat en ketentuan dsb.

Seperti di hypermarket yg tertera 'garansi uang kembali jika ada yg lebih murah'. Udah selisihnya pasti kecil, eh syarat klaimnya pake struk belanja. Gagal deh ke pasar induk hahaha.

Coba ah utak-utik garansi buat di warung.

#GakPedasGakBayar

*shareable tanpa harus ijin
*difoto katanya utk bukti :)
*Eko June
IG : @miepedazo

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post