Cara Praktis Memulai Usaha Dengan Modal Berani dan Niat


Suka nemu, tukang dagang yang tiba2 gak ada di lokasi tempat biasa dia mangkal. Ternyata 'diusir' yang punya lahan. Mungkin mau dipakai sendiri, mau di renovasi atau hal lain. 


Tapi gak nunggu lama, si pedagang ini udah jualan di lokasi lain. Yang jarak nya gak jauh dari lokasi lama. Dan rame lagi. Karena sudah punya langganan. 


Dulu saya suka juga takjub sama para pelapak pinggir jalan atau di suatu wilayah tertentu. Mereka dengan mudah nya langsung buka lapak. Klo diusir ya tinggal pindah. 


Akhirnya ketika saya terjun usaha dan buka lapak juga, jualan boneka, lalu kuliner mie pedazo, tau rahasianya. Prinsip mereka 'pasti ada jalan, bagaimanapun caranya'. 


Percaya bahwa jika satu keran rejeki tertutup, pasti Allah akan buka keran lainnya. Jadi gak kelamaan bingung dan pusing, pokoknya action dulu dah. 


Dapat istilah dari seorang teman, MPC. Kirain istilah marketing keren apa lagi tuh. Eh ternyata kependekan dari Mbuh Piye Carane 😂


Artinya melakukan apapun, sesegera mungkin, entah bagaimanapun caranya.


Mulailah sesuatu. Mulailah berjualan. Gak usah mikir banyak2 dulu. Gak perlu ngitung lama2 dulu. Tetap dipikir dan dihitung tapi jangan kebanyakan dan kelamaan. Ntar gak mulai2. 


Gak nunggu ideal, jangan nunggu sempurna. Setelah buka, baru deh disempurnakan. Gimana caranya, nanti diperbaiki sambil jalan. Mbuh Piye Carane. MPC 😁


Mereka sering nemu solusi diwaktu-waktu mepet. Suka muncul kreatifitasnya ketika terdesak. Kadang tercipta produk baru dari sebuah kesalahan. Pokoknya, pasti ada jalan. 


Brownies kukus itu awalnya kue bolu yang gagal karena lupa masukin baking soda, jadi gak mengembang adonannya, jadi bantet. Tapi karena udah bikin banyak, tetap dijual. Bagaimanapun caranya. 


Mbuh Piye Carane. Eh laris 😁


Atau seperti waktu saya servis kulkas, yang ternyata harus dibawa ke workshopnya. Pake motor !. Saya tanya, emang bisa bang ? kan berat. Bisaaaaa, katanya. 


Mbuh Piye Carane. Mesti bisa 😁


Di kondisi saat ini. PHK dimana-mana. Turun omset dagang. Banyak yang jualan. Atau ganti dagangan. Gak mikir strategi dulu, boro2 mikir branding. Yang penting dapur bisa ngebul. Gimana caranya ?. Insya Allah ada jalan. 


Mbuh Piye Carane Wis 😀


#SeninSemangat


Liat tulisan lain disini https://bit.ly/3f9qyti

Belajar nulis disini https://bit.ly/3hVKXnA

Khusus kuliner disini https://bit.ly/30Y5RLO


*foto hanya ilustrasi

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post