Launching Toko Kedua

Minggu, 17 Desember 2006

... adalah hari pertama pembukaan toko kedua saya. Sebenernya bukan toko kedua, tapi pindah toko dari lokasi yang lama ke lokasi sekarang ini. Alasannya adalah lokasi yang lebih strategis. Lokasi lama walaupun berada di lokasi pasar tradisional perumahan tapi ternyata tidak bisa berkembang bahkan paska lebaran bisa dikatakan sepi pembeli. Bukan menafikkan teori bahwa memang lebaran adalah puncak penjualan di berbagai bidang bisnis apalagi fashion seperti yang saya jalani. Hanya saja kebetulan mendapatkan peluang untuk lokasi yang lebih strategis, kenapa tidak ?

Jadi, toko yang pertama gimana ?

Saya ada rencana ingin mengisi toko itu dengan sendal kulit yang memang bisnisnya sedang saya jalani saat ini. Tapi bisnis ini bersifat online yaitu di www.sendalkulit.blogspot.com ... nah dengan keberadaan toko ini yang akan dijadikan toko sendal kulit maka saya akan lebih punya tambahan kekuatan pemasaran, selain online juga akan punya yang offline. Toko offline ini ternyata penting juga karena beberapa baik pelanggan maupun calon pembeli menanyakan alamat usaha sendal kulitnya. Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan karena bisa survey fisik terutama bagi yang berminat menjadi re-seller, juga akan memudahkan dalam pengiriman dan retur barang bagi yang berdomosili di daerah Bekasi dan sekitarnya karena toko yang memang beralama di Pasar Gading Tanah Merah - Mutiara Gading - Mustika Jaya - Bekasi Timur ini.


Hal lainnya dengan adanya toko offline ini maka diharapkan dapat menarik perhatian investor yang ingin berinvestasi.

Kembali ke pembukaan toko baru maka prosesnya lumayan melelahkan. Karena saya mengharapkan toko yang sekarang agar bisa lebih bagus dalam displaynya. Untuk itu saya sehari sebelumnya menyempatkan diri berbelanja aksesoris dekorasi toko seperti tambahan manekin baik untuk pakaian anak dan wanita dewasa, gantungan baju, rak dan lain2. Malem harinya sudah mulai didekor hingga detik2 terakhir di hari Minggu pada saat pembukaan.

Lelah.

Tapi kelelahan itu terpuaskan setelah melihat pembeli yang mulai berdatangan. Ternyata memang benar bahwa lokasi ini lebih strategis :)

Sekarang yang perlu dipikirkan adalah promosi. Ada beberapa hal dari ide dan strategi yang akan dijalankan, sebagian adalah dari strategi lama yang pernah diterapkan di lokasi lama dan beberapa strategi baru yang didapat dari selain berkomunikasi via milis baik Tangan Di Atas (TDA), Bisnis Smart dan lainya, juga dari buku. Buku yang sedang getol saya baca akhir2 ini adalah buku berjudul Winning The Mom Market In Indonesia : Srategi Membidik Pasar Ibu oleh sang begawan marketing Indonesia, Hermawan Keryajaya.

Buku ini sangat cocok karena konsep yang saya bangun untuk toko yang bernama Mom's Choice ini yaitu memenuhi kebutuhan para ibu, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk anak2-nya. Jadi ada baju wanita dewasa, baju muslimah, jilbab, baju hamil, baju anak2, baju bayi dan perlengkapan bayi. Kedepan saya ingin menambahkan aksesoris untuk para wanita dan vcd original baik film kartun umum, Islami maupun pendidikan untuk anak2 dan juga sedang menjajagi untuk penjualan maenan edukatif.

Semua untuk kepentingan para ibu dan anak2-nya..

Semoga dengan lokasi baru, display baru dan semangat baru akan menghasilkan yang lebih baik. Amin.

-ekojune-

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post