Buku

Assalamu'alaikum wr. wb.

Subhanallah, ternyata saya diberi keberkahan waktu luang oleh Sang Penguasa Waktu sehingga dalam waktu 2 minggu bisa menyelesaikan membaca buku2 bagus yang direkomendasikan. Yup, i'm book lover sama dengan minat saya pada film. :)

Buku2 yang saya selesaikan baca kemarin adalah 3 bertema fiksi sedangkan 1 bertema bisnis. Saya selalu berusaha bersikap open mind terhadap semua tema dan semua hal. Karena berdasarkan pengalaman, pasti akan ada pelajaran yang bisa diambil dari suatu tindakan, entah itu dari membaca suatu buku, menonton film, bercengkrama dengan anak, bergaul dengan tukang becak dll.

Untuk urusan membaca buku, saya setuju dengan perkataan pak Priyo dari Bussiness Coach, bahwa beliau selalu membaca buku dalam setiap waktu luangnya. Saya yakin beliau selain memang ada hoby baca juga sedang mengaplikasikan perkataan master bussiness coach Brad Sugar yang menyatakan : kesuksesan anda 5 tahun kedepan ditentukan oleh dengan siapa anda bergaul dan buku apa yang anda baca, dan bagaimana anda mengaplikasikan itu semua.


Berikut adalah buku2 tersebut.

1. Ayat-Ayat Cinta

Ya ya ya, silahkan bilang bahwa saya ketinggalan jaman dan buku itu sepertinya sudah cukup basi. Tapi memang saya baru sempat membacanya padahal dulu pernah menjadikan buku ini salah satu jualan saya di jajaran dagangan buku dan VCD muslim :). Saya sempat membacanya di awal2 tapi kemudian sempat terputus dan terlupakan karena membaca buku kontemporer yaitu Tipping Point, Blue Ocean dan Blink!

Buku semi true story karya Habiburahman El-Shirazy ini mengisahkan tentang seorang pemuda Indonesia yang sedang belajar di Mesir lalu mengalami lika liku kehidupan yang silih berganti, sangat menyentuh. Kekonsistenan (istiqomah) terhadap ajaran agama menjadi tema sentralnya. Dari sana berkembang menjadi kesucian dan kemurnian cinta dan persahabatan, ada hikmah dalam setiap kesulitan, ketulusan berbuat baik, kesetiaan terhadap belahan jiwa, kecintaan luar biasa terhadap orang tua, ketabahan dalam menghadapi ujian hidup dan keagungan Tuhan.

Buku ini 'highy recomended'. Bagi saya sendiri Insya Allah telah membawa perubahan diri untuk menjadi lebih baik sebagai seorang suami, ayah, anak dan teman. Begitu juga bagi istri. Rekomendasikanlah buku ini bagi pasangan anda, teman dan siapapun yang anda cintai, yang mengharapkan perubahan ke arah yang lebih baik darinya.

Dengan penuturan berbentuk novel dan jauh dari kesan menggurui serta tidak selalu penuh dengan jargon agama (mangkanya gak mau disebut novel religius), justru buku ini bisa menyelami hasrat paling dalam dari jiwa kita untuk menjadi yang terbaik di mata Tuhan.

Ssttt ... saya termehek-mehek loh bacanya alias sempat berurai air mata :).

2. Laskar Pelangi

Buku berdasarkan rekomendasi dari pak Roni Yuzirman (komunitas TDA) ini sangat menghibur. Sama halnya dengan Ayat-Ayat Cinta yang semi true story, buku karya Andrea Hirata ini bahkan diambil dari memoar sang penulisnya. Tetralogi, ya ada 4 seri buku. Setiap bukunya mendapatkan status best seller, suatu prestasi yang sulit dicapai.

Berkisah tentang kehidupan anak2 kampung Belitung yang bersahaja, miskin, terpingirkan namun tetap ceria sebagaimana anak2 pada umumnya. Bisa selalu mencari dan mendapatakan kebagagiaan dan keluasan diantara kesempitan hidup.

Walau agak sedikit bingung dalam alur waktunya namun buku ber-genre novel ini sangat bagus. Terutama dalam mencari hal2 positif dalam hidup, penggantungan mimpi yang tinggi dan persahabatan sejati. Saya mendapatkannya dalam buku ini.

3. Rahasia Bisnis Orang Jepang

Yap, kali ini buku bisnis. Sebenarnya sangat disayangkan saya belum memiliki seri perdana yaitu Rahasia Bisnis Orang Cina-nya. Namun demikian karena Jepang jelas negara yang berbeda dengan Cina dan Korea (ada bukunya juga) maka tidak menjadi masalah jika kita langsung membaca buku ini.

Secara garis besar, sebagai negara Indonesia maka sangat cocok jika semua segmen dan cara hidup disesuikan dengan tradisi ketimuran karena ternyata ada hal2 yang berbeda dengan tata cara Barat. Kecintaan pada pekerjaan, perlakuan bahwa semua strata pegawai adalah sama dalam hal hak dan kewajiban, kejujuran, menjunjung kualitas, integritas adalah inti yang bisa saya tangkap dalam buku ini.

4. The Alchemist

Buku ini juga atas rekomendasi dari pak Roni Yuzirman. Wah koq saya banyak berdasarkan rekomendasi beliau ya ?. Ya iyalah, daripada pusing nyari atau malah taruhan dalam menentukan apakah buku ini bagus atau tidak, apakah covernya mewakili isinya, apakah akan bermanfaat ... mendingan ikutin apa kata rekomender yang telah terbukti buku2 bacaannya berkualitas dan yang paling penting : telah secara positif merubah hidupnya. Ya kan ?.

Buku karya Paulo Coelho ini benar2 telah menghipnotis saya untuk membacanya dengan mantap dan menyelesaikannya dengan segera, karena menarik. Semua pelajaran motivasional, film The Secret, Mestakung, kekuatan mimpi dan ketegaran dalam menggapainya ... semua tumplek disini. Menarik karena dituturkan dalam bentuk novel, yang mengalir dengan anggun dan tanpa disadari mengajarkan kita semuanya.

Mengisahkan tentang seseorang yang ingin menggapai impiannya, meninggalkan segala hal yang bersifat monoton yang dimilikinya selama ini, ya, meninggalkan comfort zone-nya. Ada halangan, ada pencuri impian, ada takdir.

Yah, itulah buku2 yang alhamdulillah telah selesai dibaca. Insya Allah ada manfaatnya bagi saya pribadi. Semoga hal ini juga bisa menjadi rekomendasi buat para pembaca blog ini.

Kedepan masih ada buku2 yang akan segera saya 'lahap'. Yaitu buku Sang Pemimpi yang merupkan lanjutan dari tetralogi Laskar Pelangi, lalu buku Ketika Cinta Bertasbih, untuk bisnis ada buku I'ts Not The Big Who Eat The Small But The Fast Who Eat The Slow yang gak selesai2 bacanya :) dan buku Marketing Effective.

Semoga bermanfaat.

Wassalam.

-Eko June-

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post