Speedy Gonzales Strategy

Assalamu'alaikum wr. wb.

Seperti judul kali ini, terpaksa saya beri judul Speedy Gonzales Strategy adalah tokoh kartun berbentuk tikus, dari Mexiko. Keunikannya, ia cepat sekali larinya.


Namun tokoh ini dalam dunia usaha dijadikan sebuah model bernama Speedy Gonzales Strategy. Suatu strategi dimana kecepatan menjadi isu utama kesuksesan.

Saya jadi teringat sebuah buku berjudul It's Not The Big Who Eat The Small, But The Fast Who Eat The Slow oleh Jason Jennings dan Laurence Haughton.

Buku yang menarik, yang mengupas persoalan bahwa kecepatan adalah suatu modal utama dalam menghadapi persaingan. Sekaligus sebagai pemberi kepercayaan diri bagi usaha kecil bahwa memang kecepatanlah yang kadang lebih menentukan untuk mencapai kesuksesan.

Kecepatan jelas terkait dengan efisiensi dan efektifitas usaha. Oleh sebab itu usaha yang masih kecil yang biasanya lebih ramping organisasinya akan bisa lebih mudah dan cepat dalam melangkah. Keputusan lebih cepat diambil karena rantai birokrasi yang pendek. Fleksibilitas yang tinggi dalam hal perubahan baik itu strategi maupun hal lainnya.

Kecepatan juga terkait dengan





Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post