Sudahkah SWOT ?



Assalamu'alaikum wr. wb.

Saya teringat 'wejangan' dari seorang teman, pak Rosihan, bahwa dalam usaha terkadang kita sebenarnya harus 'back to basic'. Artinya ketika kita dengan rajinnya mencari ilmu yang cenderung ngejelimet sebenarnya ada hal2 yang terlupakan walau sebenarnya sangat mendasar. Itu sebabnya beliau menyarankan membaca dan mencari kembali ilmu2 yang justru diajarkan di SMA atau ketika kuliah. Dari ilmu2 dasar itu aja udah bisa jadi bekal ampuh baik ketika membuka maupun mengembangkan usaha.

Tulisan ini terpicu ketika teringat kembali teori SWOT. Semua mungkin sudah mengenalnya. Sebua teori atau metode yang memaparkan tentang bagaimana kita melihat usaha yang kita jalani. Sesuai namanya, SWOT terdiri dari Strength - Weakness - Opportunity - Threat atau Kekuatan - Kelemahan - Peluang - Ancaman. Bagi yang sudah paham mohon maaf jika tulisan ini begitu mendasar sedangkan bagi yang belum begitu mengenal mari2 sama belajar, karena sebagai otokritik juga bagi saya.

Ketika usaha saya berjalan dan ditemukan beberapa masalah, saya terlupa dengan teori ini. Saya seharusnya menemukenali apa kekuatan usaha ini ? dimana kelemahannya ? peluang apa saja yang diberikan usaha ini sekarang dan kedepan ? serta halangan dan tantangan apa yang sekiranya dihadapi ?

Dari sana maka Insya Allah akan mudah bagi kita untuk melakukan analisa lalu evaluasi, kira2 perbaikan apa yang bisa dilakukan (jika usaha sudah berjalan dan ditengah jalan ditemukan masalah) atau antisipasi apa yang harus disiapkan (jika baru akan mulai usaha baru atau ingin mengembangkan lebih lanjut). Mudah untuk menemukan solusinya.

Oke, kekuatan usaha saya adalah produk yang unik. Kelemahannya ? produk ini variannya banyak sekali dengan 40 model, 4 ukuran dan 4 warna, akibatnya kombinasi menjadi banyak dan perlu hati2 terhadap stok. Peluangnya ? pasarnya masih sangat luas karena jumlah anak yang ada setiap tahunnya. Ancamannya bagaimana ? produk ini mudah ditiru sehingga membuka pesaing2 baru.

Biasanya kita kesulitan dalam membedakan antara Strength dengan Peluang. Mudahnya klo S itu ada dari sisi internal sedangkan O itu faktor eksternal. Contoh untuk Telkom, kekuatannya ada di jaringan yang luas (internal) sedangkan peluangnya adalah trend internet yang meningkat (eksternal). Begitupun untuk Weakness dan Threat.

Sebenarnya ini sangat mendasar sekali, jika ingin diperdalam maka kita harus sampai membuat bobot per item, dikalkuasi sehingga didapat prosentasenya, lalu dihitung ... masir besar mana antara kekuatan dan kelemahan serta antara peluang dan ancaman. Lebih rumit deh pokoke :).

Tapi minimal kita sudah melakukan SWOT yang dasar ini. Sehingga pada akhirnya kita bisa menemukan solusi bagi kendala2 atau masalah yang dihadapi. Contoh diatas : Untuk kekuatan produk unik harus ditingkatkan komunikasi ke pelanggan. Untuk kelemahan kombinasi produk yang banyak maka kita harus lakukan tes and measure, produk mana yang fast moving dan slow moving lalu atur inventorynya. Untuk peluang tingkatkan penetrasi pasar lama atau perluas pasar baru. Sedangkan ancamannya bisa masuk pasar terlebih dahulu, perkuat distribusi dll.

Dan ternyata tahukan anda bahwa metode SWOT ini bisa dilakukan untuk bidang dan hal apa saja. Mau cari jodoh ? lakukan SWOT. Apa kekuatan/kelebihan saya ? wajah ganteng, body lumayan, otak encer. Kelemahan ? agak minder, kurang bisa komunikasi. Peluang ? ada banyak wanita/pria di lingkungan pergaulan saya yang kesengsem sama kepiawan saya di IT. Ancaman ? banyak juga yang punya kualifikasi kekuatan seperti saya, saingan.

Apa yang harus dilakukan ? pertahankan wajah gantengnya (lah iya lah hehe). Belajar ngomong didepan cermin. Manfaatkan peluang dengan menunjukkan kebolehan dalam bidang yang ditekuni. Hadapi ancaman yang datang dengan gentle dan ikhlas :).

Bikin web ? bikin juga ulasan SWOT nya. Mau nge-blog ? jangan lupa SWOT. Milih sekolah anak ? coret2 pilihan sekolah pake SWOT ? Mau makan apa hari ini ? ya gak usah di SWOT lah :).

Kepanjangan ya ? jangan SEWOT gitu donk ! hehe.

Wassalam.

-Eko June-

www.jilbab-balita.com
http://cireng-isi.blogspot.com
http://ekojune.blogspot.com
www.twitter.com/ekojune
www.facebook.com/ekojune

0857 1600 6676
eko_juna (YM)

anda tidak perlu hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post