Review Sharing + Diskusi CMS dan SEO Toko Online

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Alhamdulillah atas telah terlaksananya acara sharing + diskusi CMS dan SEO toko online yang diselenggarakan di Samu Kuring hari Minggu 17 Oktober kemarin.

Rasa syukur diucapkan pula atas antusias peserta yang membludak melebihi target 35 peserta. Hal mana sekaligus mohon maaf jika sekirannya menimbulkan ketidaknyamanan bagi peserta karena ruangan yang terbatas.

Sharing dan diskusi berjalan sesuai isi materi yang telah disampaikan sebelumnya melalui pengumuman. Dipahami masih adanya beberapa ketidakpuasan dikarenakan beragamnya level pengetahuan peserta.

Ada yang bilang materinya terlalu basic yang cocok bagi pemula namun sebaliknya ada yang curhat materinya terlalu berat sehingga sering sulit menangkap hehe, karena memang materinya perpaduan antara yang mendasar dan yang agak advance.

Inilah tujuan dari dilaksanakannya acara ini, untuk menemukenali kebutuhan sebenarnya dari member. Mengingat variatifnya level dan kebutuhan tersebut maka Insya Allah akan diadakan lagi acara lanjutan yang akan disesuaikan.

Mas Kika berbicara mengetahui dasar awal mengapa kita membuat toko online. Apa saja kelebihan dan kekurangannya jika kita memutuskan membuat dan memiliki toko online dan bagaimana kita menyiasati kekurangan tersebut.

Lalu bagaimana memilih CMS yang tepat. Satu hal yang menarik, gunakan CMS (dan plugins) sesuai kebutuhan kita, pemilihan CMS adalah pilihan pribadi. Pengalaman beliau yang sudah 10 tahun lebih berkecimpung dalam pembuatan web desain dalam dan luar negeri memahami banyaknya klien yang memaksakan CMS diluar kebutuhannya.

Gunakan mesin/engine yang bisa menyesuaikan keinginan kita. Bukan kita yang menyesuaikan keinginan engine website. - Kika Syafii -

Perlu tidaknya penggunakan shopping cart juga menjadi 'perdebatan' hangat diantara para peserta. Inilah maksud diberi judul sharing + diskusi, jadinya malah para peserta saling memberikan sharing yang bermanfaat sesuai pengalamannya karena beberapa peserta yang memang sudah cukup lama memiliki toko online, saya sendiri yang menyimak malah jadi tambah banyak ilmu hehe.

Dari mas Kika sendiri menuturkan bahwa salah satu manfaat dari penggunakan shopping cart adalah adanya otomatisasi data transaksi sehingga bisa tersimpan dengan baik sebagai sebuah database transaksi yang bisa digunakan untuk laporan, analisa dan evaluasi penjualan secara lebih mudah.

Terkait dengan tipikal orang Indonesia yang kadang tidak mau direpotkan dengan adanya shopping cart apalagi ditambah dengan registrasi maka solusinya bisa dibuat pilihan, artinya biarkan bagi pelanggan yang ingin tetap menggunakan shopping cart namun di sisi lain dibuat juga bagi yang ingin langsung bertransaksi dengan menggunakan media komunikasi seperti email, telepon atau chat.

Mas Irfan lalu mengisi materi mengenai SEO. Kali ini terlihat peserta mulai memenuhi kodrat manusiawinya yaitu ngantuk, setelah menyantap hidangan makan siang, istirahat dan sholat :).

Materi berisi pentingnya SEO bagi pelaku bisnis online karena seperti halnya jika memiliki toko, maka SEO adalah suatu cara agar lokasi jualan kita berada di lokasi jalan yang strategis, yang mudah terlihat orang, yang trafficnya tinggi dan yang memiliki ketajaman differensiasi produk yang tinggi (niche).

Dan disinilah pula materi bagi sebagian peserta dikatakan cukup advanced dan teknis. Karena memang bicara mengenai SEO yang mendalam mau tidak mau memang bicara teknis, yang harus dipraktikkan, dibuka link2 rekomendasinya, dicoba tools2nya dan dieksplore potensinya terus menerus.

SEO yang efektif adalah kegiatan yang berkesinambungan. - Irfan ZJ -

Alhamdulillah dari lontaran permintaan masukan dan feedback dari peserta di akhir acara mayoritas menyatakan kepuasannya, beberapa memberikan masukan perbaikan yang teramat berharga untuk peningkatan jika seandainya acara ini diadakan kembali.

Demikianlah review dari acara sharing + diskusi CMS dan SEO toko online. Dan sesuai permintaan dan kebutuhan para peserta maka Insya Allah akan diadakan kembali acara lanjutannya. Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah SWT agar dapat terus berbagi dan diberi keberkahan atas apa yang telah, sedang dan akan kita lakukan.

Terima kasih atas segenap partisipasi dan atensinya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kelemahan yang terjadi. Masukan dan feedback silahkan hubungi email ini.

Wassalam.

 -Eko June-



1 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post