Strategic Alliance


Assalamu'alaikum wr. wb.

Dalam salah satu strategi 5 Ways To Increase Your Profit, Brad Sugar memaparkan tentang 'strategic alliance'. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan leads atau prospek pelanggan namun sekaligus bisa dijadikan alat meraih loyalitas pelanggan.

Wikipedia menyatakan : 'a strategic alliance is a formal relationship formed between two or more parties to pursue a set of agreed upon goals or to meet a critical business need while remaining independent organizations.'

Jadi dua atau beberapa usaha bekerjasama dalam pencapaian goalnya. Kerjasama bisa dalam hal produksi, distribusi, manufaktur, project-funding, keahlian dan pengetahuan serta marketing dan lain sebagainya.

Harapannya agar masing2 mitra menemukan manfaat yang lebih besar jika bekerjasama ketimbang bermain sendiri2.

Contoh sederhana adalah kerjasama yang terjalin antar sesama member komunitas TDA IT yang bermarkas di Mangga Dua Square, yang membentuk satu perusahaan dengan merangkum semua keahlian masing2 member yang berbeda. Sharing keahlian dan pengetahuan.

Yang paling sering kita lihat adalah kerjasama antara perusahaan kartu kredit dengan berbagai merchant atau dengan operator telekomunikasi. Bisa makan diskon 10% atau menginap di hotel A dengan diskon 30% jika menggunakan kartu kretid bank X. Si resto dan hotel mendapatkan manfaat datangnya pelanggan baru.

Dalam sisi marketing, strategic alliance memiliki persamaan dengan yang sudah umum kita kenal sebagai co-branding. Baca juga Great Marketing. Bahkan dalam skala kaki lima bisa juga dilakukan co-branding, silahkan baca Co Branding Ala Street Smart.

Keuntungan menggunakan strategic alliance :
a. memperbesar pasar calon pelanggan
b. mengurangi biaya iklan, karena dilakukan bersama
c. meningkatkan brand awareness melalui rekan strategicnya

Namun strategic alliance juga bisa mengalami kegagalan jika :
a. kurang komitmen untuk mencapai kesuksesan bersama
b. tujuan yang berbeda tajam
c. terkikisnya kepercayaan
d. harapan yang kurang realistik

Jadi dalam menjalankannya tipsnya :

a. ada sinergi yang besar, baik secara profesional maupun personal
b. mengedepankan win win solution
c. jangan takut untuk meminta ... 'your best ally could be a former competitor'
d. test and measure, jika bagus teruskan, jika tidak ya hentikan

Maka sangat perlu jika antara pihak2 yang melakukan strategic alliance untuk memiliki ikatan emosional yang sama, atau sudah kenal dekat.

Sudah lama saya penasaran ingin mempraktekkan hal ini dalam usaha yang sedang saya jalani saat ini. List target partner sudah ada. Namun akhirnya saya putuskan untuk memulai dari yang kecil dan terdekat dulu yaitu warnet sebelah kios :).

Ya, saya sudah melakukan pendekatan dan alhamdulillah sudah saling sepakat, tinggal menggodok model kerjasama dan waktu eksekusinya. Jadi nantinya Insya Allah jika ada pelanggan di toko kami yang membeli dalam minimal jumlah tertentu akan mendapat voucher gratis main internet di warnet tersebut. Sebaliknya, bagi pelanggan warnet yang mengambil paket untuk ber-internet akan mendapat voucher senilai tertentu untuk dibelanjakan di toko kami. Kebayang nanti bikin brosur isinya : Belanja Baju Bisa Gratis Maen Internet ? hehe.

Namanya juga usaha :).

Wassalam.

-Eko June-

1 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post